Friday, October 1, 2010

Tips Menulis

Menulis.. kegiatan tulis menulis itu menyenangkan, kegiatan tulis menulis itu juga mudah, bahkan amat sangat mudah bagi mereka yang mempunyai segudang ide, setumpuk opini dan sekeranjang angan-angan.

lalu bagaimana dengan yang mempunyai secuil dari yang banyak itu ?

pada dasarnya menulis bagiku adalah sebuah kemauan bukan kemampuan. siapa saja bisa menulis, siapa saja bisa membuat tulisan, dan siapa saja bisa menjadi seorang penulis, ini hanya masalaha kemauan dan kebiasaan bukan sebuah kemampuan!


menulis yang selama ini kulakukan adalah, berpondasi dengan keadaan sekitar, memahami hati dan menulis dengan kejujuran. ini sangat mudah dilakukan jika memang udah terdorong oleh niat yang kuat.

menulis mampu membuatku dan orang yang melakukannya berbagi dengan caranya sendiri, menumpahkan segala yang dirasakan, di angankan, dan semua dalam imajinasinya dalam bentuk yang mungkin kita sendiri tak menyadarinya ketika kita benar-benar menorehkan setiap huruf yang aterangkai menjadi sebuah kata lalu menjadi sebuah paragraf dan akhirnya menajdi sebuah cerita yang indah.

menulis pun akan terasa sangat menyenangkan jika tak ada maksud kecuali memenuhi tuntutan hati. namun nampaknya beberapa hari ini, aku kurang optimal dengan hal ini, aku menulis karena tuntutan keyword, sangat membuatku terganggu bahkan mebuatku tak nyaman, ini bukan aku dan ini bukan tujuanku.

semenjak aku mengenal SEO dan kawan-kawannya yang mungkin mengubah niatku yang tadinya seorang Blogger sejati kini sedikit tercampur oleh uap uap SEO yang akhirnya aku meletakkan setengah hatiku untuknya, sungguh ini membuatku tak nyaman.

namun setelah tadi aku menulis 3 puisi cinta, semuanya berubah.

kini aku tau, jika keyword yang aku fikirkan saat menulis, akan terasa sangat berat, dan jika Hati adalah dasarku menulis, maka tak terasa tulisanku udah panjang tanpa menjadi sebuah beban, Menulislah dengan hati, Karena hati paling Mengerti!
mungkin ini tips dariku, karena menulis adalah kemauan, bukan sebuah tuntutan!

12 comments:

  1. nulis yuuk
    tapi lebih enak ngetik deh
    Hehehehe

    ReplyDelete
  2. setuju harus menulis dg hati.bukan karena hal2 lain ya.

    ReplyDelete
  3. hmmm... begitu ya mbak, makasi ya atas tipsnya, salam kenal dari blogger baru, hehe...

    ReplyDelete
  4. seo itu bikin otak buntu nyun...
    terobsesi dengan seo bikin kreatifitas terkekang.
    kayaknya...

    ReplyDelete
  5. terimakan neng saya memang lagi cari tips menulis sekarang, aduh lamanya nggak ke blog ini udah ada GA nya, mantap

    ReplyDelete
  6. that's true...kalo menulis dengan hati itu kayaknya enteng tulisan tuh lancar mengalir kayak air.

    ReplyDelete
  7. kreatif nih tulisannya,
    salam kenal ya

    ReplyDelete