Monday, September 12, 2011

Ini Cerita Lebaranku, Mana Ceritamu ?

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Ide saya Hilang!!

hal yang gak saya inginkan ternyata benar-benar terjadi, entah otak saya yang minim dengan ide atau memang saya hanya seneng main yang klip klop, sekali tepok langsung berkelip, tip.. ilang deh :P. pinggiran ide ini seperti menipis begitu aja kalo gak segera di tulis, mungkin sangat beribu-ribu kali saya bilang, itulah problem seorang penulis buku diary seperti saya, hanya sepintas dan harus segera di tulis, lebih dari waktu yang di tentukan oleh otak, terhapus. jadi jika punya masalah tu kadang gak pernah saya pikirin, bawaannya senyum dan ceria meski agak ribet :D.

Lebaran udah lewat, sebelum dan pasca lebaran ada banyak kisah mengesankan, kumpul sama temen yang deket, kumpul ponakan yang bejibun, Adhek satu-satunya yang bener bener bisa di banggain, Orangtua yang masih tetep sama, sok serius dan sok gokil, perpaduan dua hal yang sangat unik buatku, seorang anak aneh yang mereka lahirin dan akhirnya brojol segede gini, Anugerah terindah mereka adalah memiliki saya dan adhekku #narsis#.

hari pertama pulang ke jombang 27 Agustus, saya abisin buat tidur sampe sore setelah solat duhur, capek dan sungguh sangat lelah karena semalaman gak tidur. hingga malam gak keluar rumah sama sekali, itulah saya, kalo sudah di desa gak pernah main kerumah tetangga :D.

28 Agustus, tetep di rumah, setelah solat subuh, sayub sayub denger Adhek yang di minta nganter emak buat kepasar, sedangkan saya, tetep melanjutkan aktifitas paling menyenangkan, narik selimut :P. karena sungguh air dan udaranya bikin tulang saya beku, saking dinginnya, setiap pagi saya harus menanggung gatal-gatal biduran karena alergi :(, bukan kemayu tapi memang ayu :D, enggak dink... gak tau kenapa pokoknya saya alergi sama yang dingin-dingin :P.

28 Agustus adalah Hari ulang tahun Adhek saya, Emak masak nasi kuning dan saya sama sekali gak bantuin soalnya ada misi penting, yaitu membeli sbuah Camera Digital yang udah saya rencanakan sama sahabat saya Rini Gendut. rencananya mau pergi ke jombang namun hingga Mojoagung udah nemuin toko Camdig-nya. ini foto Rini di toko elektroniknya, banyak yang bulet termasuk dia haha..





Di Mojoagung sampai Duhur dan solat duhur di masjid terdekat, sembari ketemu temen Rini, saya tak kenal jadi diem aja :D. pulang ke wonosalam dengan perasaan seneng karena Camdig udah di tangan meskipun Spec-nya gak seperti yang saya inginkan, jauh lebih rendah, yang saya pikir waktu itu adalah Moment pernikahan sahabat, lebaran, dan saat ketemu Ortu gak akan terlewat.

sampai rumah saya liat emak lagi goreng-goreng ikan, saya cuma liatin aja hihi.. hingga waktu ashar udah mateng, Emak harus Ngajar Ngaji di Musola, yang saya lakukan adalah.. Memotret-motret adhek saya yang nata Nasi Kuning.





Kawan.. Adhek saya itu Rajin banget, jauh lebih rajin dari pada saya, selama di rumah yang cuci piring dia, saya tak pernah sekalipun nyuci piring. tapi memang bagian dia sih, saya kebagian tugas Nyuci yang gak kalah banyaknya, Weleh.. sampe menggigil saya nyuci gara-gara airnya dingin banget.

sampai pukul 5 Sore, Adhek dan saya bareng ke musola, berdo'a bersama untuk usia adhek yang baru 16 Tahun bersama anak TPA muridnya Emak, nuakal nakal, lucu, unik, Jilbab yang gak ada bener-benernya, penceng sana-sini, sedikit tapi ramenya ngalahin orang demo :P.






Ulang tahun yang sederhana, Tapi Do'a Emak yang luar biasa buat saya. dan harapan saya semoga dia menjadi seorang anak yang jauh lebih pandai dari saya. bisa bertanggung jawab dan selalu dalam keadaan dan jalan yang baik, Amin..

ada Moment yang gak bisa saya lupakan ketika berada di rumah, sungguh utuh keluarga kecilku, senang dan sangat membuat saya terkesan. adalah ketika solat berjamaah, rasanya saya menjadi manusia paling bahagia bisa terlahir dalam keluarga ini, keluarga yang sungguh luar biasa, kami gak kaya apalagi miskin, kami cukup, amat sangat cukup. tapi dasarnya saya orangnya sedikit suka foto-foto, jadi sayapun memaksa Bapak dan Emak saya buat foto bareng :D.





yaps.. itulah Adhek, Ibuk dan Bapak saya, Ibu saya masih cantik ^_^. wajahnya juga gak ada jerawatnya, gak seperti muka saya yang agak berbintang ini hihi.

dan ini rumah sederhana milik kami, kecil dan cuma sak Uplik tapi InsyaAllah penuh Barokah Amin :D.






hmm.. itu adalah foto terakhir saya dengan kacamata lucu itu, belum ada seminggu terbeli seharga Rp. 200.000 udah harus almarhum karena di dudukin adhek waktu habis saya bersihkan dan siap di pakai main sama Rini dan Zunid. sempet ngomel-ngomel sama dia, tapi tetep aja ujung-ujungnya ketawa, pengen marah-marah yang gede tapi gak bisa, lah wong saya ngomel aja sama kepengen ketawa pas liat muka adhek saya yang gak nanggepin serius, Fyuhh.. kacamata kesayanganku harus kandas di kentutin adhek :D.





mana ada kacamata gagangnya lepas dari frame >_<. tapi ya sudalah, saya pikir bisa di benerin, ternyata kemaren saya bawa ke optik, optiknya bilang udah harus di buang, sedangkan adhekku bilang, "Mba.. gagangnya di ganti sama Rafia aja, atau di ganti sama karet". haduuu.. Mbencekno. tanggal 29 itu saya main sama sahabat deket saya, Rini dan Zunid. selain mereka saya gak punya temen main, itupun kalo ketemu dan momentnya ya cuma pas libur lebaran. kami main ke Sumberboto yang katanya bagus tak terkira, pemandian dan apalah.. ini petunjuknya dari jalan raya.





udah jauh-jauh di turutin dengan tiket masuk seharga 3000 perak, Ternyata hasilnya sangat mengecewakan. tempat itu tak ubahnya 2 buah kolam renang yang sengaja dibangun ditengah hutan. saya sama sekali gak masuk ataupun nyentuh airnya, wisata yang jauh dari bayangan saya. disana kami hanya berfoto-foto ria, di hutan, bawah pohon, njungkir balik, senyum, jeprat jepret ala orang bule yang baru nemu satu alam yang luar biasa indahnya, padahal sangat sangat biasa aja. liat aja ni tempatnya.



Jombang Beriman ^.^



Adhek, aku dan Zunid di tengah pohon aneh yang akar atau apa itu gak jelas :D.



Adhek dan aku di tengah-tengah pohon besar, saya gak tau namanya :D.



Foto yang aneh, pas jalan di ambil sama Adhek, hasilnya.. Lucu :">








kawan.. rasa penasaran itu sungguh luar biasa hingga apapun di turutin untuk satu rasa Kepengen Ngerti! semuanya gak sebanding dengan apa yang di lakukan. penasaran terkadang membuat kita buta, lupa dan membuat sesuatu yang mengasikkan jadi butir-butir kebosanan yang jatuh tanpa di minta. pesan moral nomer limapuluhtigasetengah adalah, gak semuanya hal yang membuat penasaran itu harus di cari tau kecuali dalam hal-hal yang positif.

tempat wisata yang saya tuju esok harinya juga tak kalah jeleknya dari Monumen Sumberboto, namanya bagus Lembah Giri, tapi jangan di tanya tempatnya. mirip persis sama sumberboto, kolam renang di tengah hutan. tempat yang acak-acakan, sepi dan sangat membosankan. kegiatanku adalah jadi baby sitter bagi keponakanku yang ikutan, mereka pengen nyemplung ke kolam renang, dengan dongkol saya sendiri nungguin keempat keponakanku yang dekil dan kumal haha.. emang kami orang desa jadi orangnyapun hitam hitam karena kebanyakan main di luar rumah. dongkol agak ilang ketika saya mainin cameraku jeprat jepret mereka yang kayaknya asik renang tanpa punya rasa malu sedikitpun, Fyuh...







sementara Om dan tanteku duduk nunggu di sebuah tempat mirip pendopo, ya.. pendopo yang gak pernah di sapu, kotor banget!







lebaran seperti biasanya, saya dan keluarga pergi ke masjid untuk melakukan sholat Idul Fitri di masjid. sepulangnya saya dan keluarga mampir kerumah nenek yang rame buanget. nenek saya (Orang Tua dari Ibu) punya 8 anak yang sudah menikah dan telah beranak semuanya, bayangkan saja gimana ramenya suasana saat kumpul lebaran, bagai segerombolan kuli yang demo pengen naik gaji sama pemkot haha.. dan untungnya lagi, saya adalah cucu pertama nenek saya. nenek dan kakek saya Alhamdulillah.. masih sehat dan kuat. jadi bisa melihat anak cucunya berkumpul :).

ini adalah foto saya dan keluarga nenek, masih ada 3 kaluarga yang gak ikutan andil karena masih di surabaya dan di Mojoagung satu, satunya lagi ke solo. jadi kurang 9 nyawa :D. udah mirip mes pabrik sepatu aja haha.



perjalanan masih belum selesai dari situ, ingin tau kelanjutannya.. besok lagi ya.. cuapek rasanya saya nulisnya.. tunggu season ke duanya :D.

10 comments:

  1. di tempat saya juga sama mba, dingin. Ampe males mandi rasanya :D

    ReplyDelete
  2. ya ampun mbak ini tulisannya telat atau gimana?
    hahaha
    foto sama tulisannya sama2 banayak :D

    ReplyDelete
  3. Cerita yang panjang dan menarik, lebaran ku sendiri hari pertama di rumah karena anak pertama sakit batuk :D

    ReplyDelete
  4. Uchank : enggak, ini baru sempet nulisnya :D

    ReplyDelete
  5. wahhhh seru banget ceritanya nuel!?!?! seharusnya di pecah jadi 2 episode heheheheheh!!!!

    NB met lebaran ya non!!! mohon maaf lahir dan bathin!!!

    ReplyDelete
  6. lebarannya lebih baik ya. daripada saya, lebaran cuma di rumah aja -_-, sodara juga yang datang hanya beberapa, karena sodara kebanyakan di kampung halaman.. hmmm...

    ReplyDelete
  7. Wueh panjang amat kegiatan mbak inuel pas lebaran :D hehehe sabar ya nul kacamata mu akhirnya alhamrhum. tapi cerita yang lumayan menarik tuh bisa ketemu sahabat dan jalan2. :( saya lebaran cuma sibuk bermacet2 ria di jalur jogja solo hiks...

    ReplyDelete
  8. tulisan mba, bagus. berminat jadi penulis novel gak ? klo berminat silahkan hubungi saya ntr ? atau punya tulisan pingin di jadi in novel.

    ReplyDelete
  9. kaya seru banget nih liburanya..... itu libauran bukan yah ? hahahahahahahah

    ReplyDelete