Tuesday, October 18, 2011

Blog Anti Copas

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Blog Anti Copas ! nampaknya sekarang banyak banget blogger yang suka dengan acara Copas alias Copy Paste pada blog mereka, termasuk saya sih.. di beberapa blog yang emang membutuhkan suntikan artikel yang mendukung seperti Nyuns Weblog ini, karena saya juga harus belajar dari internet tentang apa yang ingin saya ketahui.

Sedangkan, di blog kesayangan ini, Jombloku adalah salah satu blog yang paling anti copas. Di jombloku saya menanam banyak artikel, namun semuanya adalah hasil pikiran saya sendiri, hasil interaksi otak dan fikiran saya yang berbuah manis tulisan yang sederhana dan amm.. kadang tak lazim hehe.

Saya terkadang berfikir, apakah saya pantas mengambil sebuah artikel yang bukan milik saya tanpa mencantumkan sumbernya, apakah saya juga pantas mengambil alih tulisan orang lain dan menyamakan dengan apa yang saya rasakan. Sayangnya.. saya tak pernah melakukan semua itu jika sudah menyangkut tentang perasaan. Saya bisa menuliskannya sendiri dalam sebuah tulisan.

Mungkin sebagian orang ingin sekali blog kesayangannya gak di Copas sama netter yang gak bertanggung jawab dengan artikel mereka. Copas / Copi paste dengan seenaknya sendiri tanpa mencantumkan dari mana sumbernya, itu justru akan menjadi sebuah perendahan diri ketika kita mengakui tulisan yang bukan milik kita sendiri :).

Hey.. kalau bisa menulis sendiri, kenapa harus copas ? mari kita tulis secara nyata bahwa kita adalah Blogger anti copas, kita blogger baik, kita bertanggung jawab, kita adalah netter yang bisa di percaya. Tapi.. sebelum Copas cobalah menulis apa yang ada dalam fikiranmu dalam Blog. Jika kamu sendiri bisa, kenapa harus copas, toh tulisanmu jauh lebih unik, dan Google pun gak suka blog yang double content.

Jika ingin tahu bagaimana blog kamu, tulisan kamu di copas sama orang caranya gampang kok. Ok.. kamu blok aja tulisan kamu, next.. klik kanan dan "search google for  ..."  nah disitu kamu bakal nemu tulisan kamu yang di ambil orang yang di copas dalam blognya.

Bukannya di setiap tempat, ruang, dan informasi ada aturannya ? jika ingin copas, pastikan kamu siap nempelin sumbernya. Dan jika emang pengen blog kamu jadi Blog anti copas, karena gak mau nyantumin sumbernya, ya nulis sendiri donk :P.  Manusia kan jenis makhluk hidup yang terkenal egois hehe.

Gimana dengan blogmu hayooo.. apa masih ada yang copas, usahakan di sebutkan sumbernya ya.. kalaupun gak mau ngasih linkback, ya sudah tulis aja alamat URL-nya, si pembuat artikel akan merasa di hargai dan sangat menghargai kamu, tapi kalo blog aku sih, Blog Anti Copas.

14 comments:

  1. Kalau misal kita nulis...
    trus tiba2 tulisan kita tanpa mirip dengan tulisan orang lain di dunia maya yang LUAS ini gimana mba nyu ?
    sapa yang dituduh copas?
    mungkin akan mirip 1 paragraf atau spenuhnya.
    kebetulan bisa sangat terjadi :D

    ReplyDelete
  2. Uchank nyang acam manis cicit cuit : mana mungkin bisa mirip 1 paragraf penuh uchank, suami istri aja pemikirannya bertolak belakang, boacah kembar aja pikirannya juga gak sama, apalagi orang sejagad internet yang luasnya kayak gini, kecuali sama-sama mengetahui suatu ungkapan tersebut dan berfikir untuk menuliskannya :P bisa jadi sih hihihi

    ReplyDelete
  3. Entahlah...
    pemikiran saya semata kok :D
    foto aja bisa saja mirip.
    hahaha :D

    ReplyDelete
  4. kalo aku sih apa adanya lah, punyaku ini ya ini saja

    ReplyDelete
  5. Blog yang menarik menunjukkan bloggernya kreatif, postingannya pun imajinatif dan kreatif, i like this... makanya, jangan marah ya kalau saya follow...:P Bila anda berkenan kunjung/ follo balik yah, setidaknya komentar deh... he he he :D

    ReplyDelete
  6. kalau daku kalau tulisan hasil copas di cantumkan sumber atau dari berbagai sumber boleh gak?love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  7. Waaaah saya gak copas doooong. :D

    Saya, kalo mengutip dari luar, pasti saya sertakan di footnote. :) Gambar dari luar juga, pasti saya kasih link sumber di bawah, di bagian disclaimer. :)

    ReplyDelete
  8. ampun kk, blog saya kopas semua, soalnya setiap ada informasi yg saya anggap menarik langsung saya masukin blog saya..
    sebagian yg saya ketahui sumber asli nya pasti saya kasih backlink, tapi kebanyakan tidak tw sumber aslinya soalnya banyak blog2 lain yg juga copas tulisan yg sama tanpa ada sumber

    ReplyDelete
  9. Hihihi... sebenarnya hampir semua blogger itu tukang copas kok. cuma pinter pinternya aja merangkai kata kata hingga keliatan beda. karena kita kan bukan orang yang membuat berita. masa iya orang buat blog tentang biografi isinya tulis sendiri... pasti nya kopas kan? lain hal nya kalau blog pribadi. portal portal besar semacam detik, okezone dan vivanews semuanya juga penganut aliran copas... bagaimana mbak inul? bener ga argumen relifa?

    ReplyDelete
  10. cara paling cepat untuk mengisi blogkita adalah dengan copas,,tapi cara cepat memang selalu dibarengi dengan resiko yang besar,,jadi hati2 ya tukang copas,,,hehe...

    ReplyDelete
  11. Copas?, blehlah satu dua artikel.Tapi tetap berikan kredit buat si pengarang, jaga selalu etika blogger. tetap semangat!, thanks.

    ReplyDelete
  12. copas harus dimusnahkan dari muka bumi bloger

    ReplyDelete