Saturday, November 19, 2011

Wonosalam, Indah dan Tentram

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Wonosalam Desa yang super dingin ini adalah tempat tinggal asli saya.  Berkelana kemana-mana, ke surabaya udah beberapa tahun terakhir ini, ternyata saya adalah orang desa yang tempatnya jauh di pucuk gunung yang begitu indah, sejuk, dan masih sangat asri. Pemandangan hanya hijau-hijau, sawah-sawah yang masih terbentang luas dan masih dengan asli pedesaannya, sapi-sapi tetangga masih suka nangkring di atas petak-petak sawah dan siap membajak dengan semangat.

Sebenernya ini bukan moment saya karena saya barusan mudik atau apa gitu, saya belum mudik ke wonosalam semenjak lebaran Agustus kemaren :).

Apa sih istimewanya Wonosalam buatku ? Amm.. Begini, Wonosalam adalah sebuah kecamatan yang memang saya sendiri kurang begitu mengerti dimana dan apa saja letak-letak daerahnya, saya lebih mengenal surabaya dari pada Wonosalam.

Kenapa ?

Karena waktu kecil sebelum ngenal wonosalam,  saya udah di boyong ke luar pulau sama Ortu, Transmigrasi ke Sumatra. Jadi saya masih kekurangan banyak ide bagaimana mendeskripsikan desaku itu. Wonosalam banyak memiliki dusun-dusun yang menurut saya sudah mengalami banyak kemajuan, jalan yang sebagian  sudah di aspal,  adanya tempat pariwisata yang sudah mulai di bangun, dan villa-villa yang bertebaran di pucuk gunung sana.

Wisata Lembah Giri misalnya, sepertinya tempat wisata ini baru saja di didirikan, Lebaran tahun lalu wisata ini belum ada, namun kemaren waktu pulang Agustus, saya sempat main kesana sama Om tante juga keponakan saya. layaknya tempat wisata yang baru lahir dan brojol, Wisata Lembah Giri masih berantakan, jauh dari kata sempurna. Jalan-jalan yang belum tertata rapi, serta tidak banyaknya wahana bermain, hanya 2 buah kolam renang dan beberapa ayunan saja. cerita lembah girinya ada di Cerita lebaranku kemaren. banyak foto narsis disana termasuk foto Wisata ini hehe.


Wonosalam Training Center (WTC) Salah satu tempat yang sering di kunjungi banyak orang. Jujur, saya pengen banget bisa masuk sana dan bermain disana, tapi saya belum pernah sekalipun masuk dalam tempat ini. Saya tak punya kenalan satu orangpun, Andai saja Blogger bisa berkumpul disana, Huh.. sepertinya tempatnya asik buat menginap apalagi kalo di tambah sharing soal monitize blog, hihi #matre! Kira-kira kapan ya saya bisa masuk Wonosalam Training Center ?


Tapi.. Yang begitu sangat menarik buat saya adalah tak lain, Dusun saya Gondang. Dusun Gondang ini juga bagian dari wonosalam,  ada banyak bagian dari Dusun Gondang di antaranya

Gondang Kidul mungkin tempatnya ada di kidul, kidul itu bahasa indonesianya apa ya.., Timur :D.

Gondang Lor, ini kebalikannya, berada di barat, Lor = Barat begitu kira-kira, asal berdeskripsi saja karena belum pernah tau sejarahnya :D.

Gondang Bodog, yang saya tahu, letak dusun ini berada di atas, harus nanjak naik dulu kalau pengen sampe ke dusun ini, saya cuma beberapa kali kesana, bisa di hitung dengan jari meskipun jaraknya juga gak jauh-jauh banget :).

Gondang Ledok,  yang saya tau ini tempat tinggal teman sekolah saya, saya sering ngejekin dia karena namanya yang aneh. Gondang ledok berada tepat di bawah gondang kidul, bingung kan bayanginnya, yo podo... .. :P

Gondang Cekok / Cekok'an yang ini lebih aneh lagi, namanya aneh, unik, gak Lazim dan kebetulan lagi  saya jebolan gondang Cekok hahaha.Desa ini beda karena ada saya #eaaaa.... Bukan, maksud saya, dusun  ini beda karena tempatnya yang cuma sak uprit, kecil, dan hanya beberapa rumah saja. Dari ujung timur ke barat. Yah.. dusun sepanjang jalan yang mudah di ukur ini di beri nama Cekok'an.

Wonosalam itu sangat Indah dan begitu luas, namun saya kurang begitu mengenalnya. Berjalan jauhpun dulu waktu berangkat sekolah  di daerah Tukum Wonosalam  yang jaraknya kira-kira am... berapa kilo ya kalo jalan kaki sampai satu jam, itu PR buat temen-temen hihi, mate-matika saja dapet Nol, tapi kalo itung duit pinter :D. Semenjak dewasa pun saya gak pernah sekalipun keluar jauh di Wonosalam. Kalau di rumah jalan yang biasa saya lewati hanya, Gondang - Mojoagung - Bis - Bungur Asih - Rungkut haha.. capek de :P.

Dengan kurangnya pengetahuan saya ini, mau nulis tentang wonosalam yang secara panjang lebar enggak bisa, Soalnya memang saya enggak tau banyak tentang wonosalam.

Penasaran Dengan Wonosalam ? Ayo donk main kesana, ada banyak Duren disana kalau pas musim duren, kalau enggak juga tetep masih banyak Duren, entah Duda-duda keren atau daun durennya haha..


Haah.. selesai juga, tadi mau bikin postingan tentang Wonosalam dan kebetulan Om Jun juga minta hal yang sama kepada saya. Pokoknya.. kapan-kapan deh kau aku nikahan, dateng ya semuanya, gak tau tapi kapan haha.. Nyesel lo.. kalau gak main ke Desa Wonosalam.

7 comments:

  1. Alangkah Indahnya semseta dunia
    #Senandung nasyid Suara persaudaraan :)

    ReplyDelete
  2. wonosalam........wah cek peta dulu heheheheh......lum pernah kesana.

    tapi seneng ya kalo blogger bisa kumpul disana....PENGEEENNNN!!!!

    ReplyDelete
  3. mas Arrian : indah :D

    Bli Jhoni : beda dengan bali tentunya ya Bli ^.^

    ReplyDelete
  4. Wah, enaknya punya kampung ya... apalagi kampungnya masih asri... beda sama kampung gw mbak, sawah aja udah di bikin ruko, kebon2 yg waktu SD sering gw petualangin di jadiin pabrik...

    Jadi pengen punya kampung, jadi pengen nih berkelana kayak haji oma biar punya rasa kangen sama kampung halaman...

    Sori nih mbak, setelah 5 abad gak blogwalking, baru nongol lg gw...

    N ngomong2, wonosalam di kabupaten apa sih adanya...?

    sori kalo kepanjangan... Hihihihi XD

    ReplyDelete
  5. waktu sekolah SD di Gondang, ada pohon JIREK, salah satu buah lokal favorit :) kayaknya pohonnya masih ada sampai sekarang, di tepi sungai dekat makam :) Phon kenangan selain pohon buah Gowok dan phon waru plus bambu kuning yang mengitari sekolah, sayamge sekolahane wis ga ono :(

    ReplyDelete
  6. saya cari2 kok ndak nemu kotanya ya mbak..ini wonosalam yang di kota jombang atau dimana ya mbak..? jadi pengen kesana...hehe..

    ReplyDelete
  7. Waduch...
    Penulis ngawor bgt nih..
    Lor = utara
    Kidul = selatan
    Kulon = barat
    Wetan = timur

    ReplyDelete