Friday, December 2, 2011

Komunitas Blogger

Komunitas Blogger
Komunitas Blogger adalah perkumpulan para pecinta blog, penulis blog, pengguna blog dan semua orang yang ngerti, cinta, demen, maniak serta tau blog dalam sebuah wadah yang di beri nama oleh masing-masing kelompok. Blogholic juga mungkin bisa di sebut sebagai orang-orang yang seneng ngeblog, persis seperti nama Flashdisk saya.

Lalu untuk apa sebuah Komunitas Blogger itu di dirikan?. Tentu saja menurut saya untuk saling bertukar pikiran, berbagi ilmu, dan menjalin silaturahmi dengan semua orang berbasic minat yang sama. Blogger sendiri punya ikatan khusus dengan dunia maya tapi bukan Cinta dunia maya lo ya ;)). Blogger juga mempunyai hubungan khusus dengan blog-blog yang mereka ciptakan. Ada yang  monitize, sharing atau hanya sekedar curhat di dunia maya, rumah virtual mereka.

Menurutmu, seperti apa sih seharusnya sebuah Komunitas Blogger itu ?

Sebelum saya tanya dan Anda menjawab, biarkan saya berceloteh dahulu karena saya sudah memendam unek-unek ini sejak lama sekali. Di dunia maya ini saya banyak mengenal komunitas-komunitas blogger yang bertebaran. Dari tempat yang jauh, kota tempat saya tinggal, sampai tempat saya di lahirkan. Semuanya masing-masing punya nama yang sungguh luar biasa terkenal di dunia maya ketika kita mencarinya di tubuh si Mbah yang sering di sayat oleh para blogger dan netter hehe.

Ok semua Komunitas Blogger itu sama saja. Namun, ada beberapa hal yang membedakan antara sebuah komunitas "sungguhan" atau sekedar komunitas sebagai tanda saja. Dan lagi-lagi saya harus berani mengomentari komunitas blogger Pekanbaru terlebih dahulu. Bukan karena saya dekat dengan hampir semua anggotanya, pernah ketemu dan akrab dengan sesepuhnya. Tapi saya sejak dulu mengagumi cara kerja mereka. Blogger Bertuah namanya.

Komunitas Blogger tersebut memberikan suasana perkumpulan yang hangat, bersahabat dan entah di beri sihir apa hingga semua anggotanya itu kompak. Gak pernah bedain saya ketua, saya wakil, saya pengurus dan saya cuma anggota baru yang harus nurut dengan aturan-aturan yang mengekang. Dulu saja saya yang masih culun-culunnya udah berani Nggosipin Bertuah. Tentu saja fikiran seorang blogger yang memang sangat baru dan nyubie betul hehe.

Beberapa kali saya membandingkan dengan pengakuan otak kecil saya. Gak semua komunitas bisa sehangat itu. Saya gak ngerti ilmu-ilmu tentang sebuah perkumpulan itu harus bagaimana, harus seperti apa dan harusnya begini begitu, tapi saya ngerasa nyaman berada di tengah komunitas blogger yang sehangat bertuah.

Kenapa saya menyinggung bertuah terus? Gak menghargai komunitas di daerah sendiri ni Inuel, gak menghargai komunitas dimana dia tinggal dan bla.. bla.. yang lain. Ok saya jujur deh.. saya bahkan gak pengen gabung sama komunitas-komunitas yang meberikan aturan harus ini, harus itu dan semuanya itu mengekang, gak membuat nyaman seperti apa yang seharusnya komunitas itu sendiri miliki.

Kenapa harus terlalu memuji suatu komunitas blogger kalau hanya ingin membandingkan?. Owh tidak, tidak. Saya tidak memuji atau menjunjung tinggi komunitas tersebut. Saya hanya memberikan contoh, bagaimana sih mengurus sebuah komunitas menurut saya sebagai anggota misalnya, yang membuat nyaman. Komunitas adalah tempat berbagi dan berkumpul. Dan seharusnya dalam perkumpulan tersebut tercipta suasana kekeluargaan. Kita punya keluarga lain yang memang benar-benar memiliki itu.

Contoh kecil aja, saya paling benci di panggil Gan, gan itu apa si, Juragan kah, Boskah, yang tinggi kah?. Saya bukan orang yang maniak membesar-besarkan nama seseorang. Saya lebih bisa menghargai dan senang dengan panggilan yang akrab, Mbak, Dhek, atau hanya Inuel. Gan itu seperti panggilan untuk semua orang, membuat kita ngerasa gak "diorangin" dan terlalu berlebihan (lebay). Itu sebabnya juga saya gak pernah meng-Approve komentar berbau Gan. Komentar itu membuat saya kesal :D.

Nah.. dari hal-hal kecil itulah sebuah komunitas akan menjadi sebuah keluarga. Tanpa aturan-aturan yang mengekang, membuat tak nyaman, dan kamu nyubie aku master, kamu anggota baru aku senior. Semuanya sama, saling membantu, menghargai dan memelihara juga mengingatkan. Yang  sudah berpengalaman memberi pengarahan, dan tentunya yang belum tau harus tau diri donk hehe.

Begitulah Sebuah Komunitas Blogger yang selama ini saya inginkan. Hangat, kekeluargaan, dan membuat kita semakin rajin dan semakin mengerti tentang sebuah hal yang seharusnya didiskusikan. Ups.. Juga bukan termasuk materi dan uang. Saya paling benci jika sesuatu itu di hubung-hubungkan dengan Uang! Kenyamanan dalam sebuah Komunitas itu bukan semata-mata hanya harus punya uang. Karena saya sendiri gak pernah pegang uang banyak huehuehue..

Sekarang Giliranmu Bloggers, bagaimana sebuah Komunitas Blogger itu berjalan?. selamat beropini jika berkenan. Owh ya.. jika pengen tahu dan belum tahu Blogger beruah, bisa mampir di websitenya www.bertuah.org. Happy Blogging and Thank you.


13 comments:

  1. mosok gara2 ta add nang forum ringin contong langsung nulis iki :)

    iki sedikit tentang blogger jombang http://pencangkul.blogspot.com/2009/07/blogger-jombang-perlukah-membentuk.html

    ReplyDelete
  2. iya Om, udah sejak lama pengen nulis ini, eh pas tadi di add sama om, langsung pecah telornya hahahah, just Opinion :D

    ReplyDelete
  3. membutuhkan kejelian dalam menentukan pilihan ketika ingin bersosialisasi dalam sebuah kumpulan. Karena bagaimanapun setiap kelompok pasti memiliki karakter tertentu yang terbentuk seiring perjalanan waktu. Jadi menurut saya, berkomunitas ada banyak kemanfaatannya selama kita bisa menempatkan diri di dalamnya, dan kalo memang kita tidak sejalan ya untuk apa kita menjadi bagiannya.
    Kita lihat saja bagaimana pola kunjungan dan komentar antar kita sesama blogger, pada akhirnya terjadi kelompok yang sesuai dengan pemahaman mereka.
    Dan saya setuju sekali bahwa berkomunitas tidak perlu ada senioritas, karena jika itu terbentuk maka akan terjadi kekakuan dan hal-hal yang kurang baik bisa terjadi.

    ReplyDelete
  4. Mantab, Trimakasih Om Pakies :)

    ReplyDelete
  5. iya kak.., klo menurut sy disetiap komunitas hrs ada org yg dituakan, bukan brarti bhwa org yg dituakan i2 hrs dberi perlakuan khusus, tp dialah yg nantix membimbing klo2 ada apa2 dgn komunitas tsbt...,& juga komunitas yg baik adalah komunitas yg bukan hanya asal komen/like tp jg hrs saling memberi nasehat, mngajak kpd kebenaran & mengingatkan dr berbuat mungkar (Watawa saubil haq watawa saubil sabr)

    ReplyDelete
  6. menyenangkan sekali bisa gabung dengan komunitas. semoga semakin hangat komunitas bertuahnya ya Nyun ^ ^

    ReplyDelete
  7. gan itu agan maksudnya. niatnya mereka memanggil dengan sebutan itu untuk menghargai kita, bukannya sebaliknya. :)

    ReplyDelete
  8. Nggae komunitas penak,ngopenine sing angel

    ReplyDelete
  9. wah si nyun nyun masih eksis ternyata...

    ReplyDelete
  10. wah... asyik tuch.. punya komunitas blogger. ada kebanggaan dalam diri.. I'm a blogger and U ? hahhaha

    ReplyDelete
  11. saya mau buat komunitas blogger nih di kampus.. doakan sukses yah.. :)

    ReplyDelete
  12. wahhh inul belum tau komunitas blogger semarang "loenpia.net"
    sekalian promosi hehehe

    ReplyDelete