Monday, August 27, 2012

Belajar Dari Kehidupan

foto saya dengan sahabat di depan rumah, 21 agsts '12
Ingin jadi orang pandai berbahasa inggris?
"Dekat dan bergaullah dengan orang-orang yang pandai dan gemar berbagi ilmu bahasa inggris"

Ingin jadi seorang yang bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar ?
"Datang dan dekatlah dengan orang-orang yang pandai membaca Al-Qur'an, pandai dengan ilmuj-ilmu Al-Qur'an, memahami tajwid, paham makhorijul huruf, dan orang-orang yang gemar memabca Al-Qur'an"

Ingin.. Sekali punya ilmu tentang komputer, pemrogaman, web designer, php, html, mysql?
"Dekat dan belajarlah dengan orang-orang yang gemar dengan pekerjaan tersebut, orang yang senang dengan komputer dan memiliki ilmu tentang komputer"

Ingin.. punya banyak ilmu tentang Agama, akidah, fiqih dan sejarah Islam?
"Ikut dan hadirilah majlis ilmu, tarbiyah, dan dekat-dekatlah dengan orang-orang saleh, maka tidak akan mungkin kita tidak akan terpengaruh dengan hal-hal baik lainnya"

Begitulah hidup, ada banyak sekali pilihan yang memang harus dipilih. Kita tidak boleh bangga dengan adanya ilmu yang itu itu melulu, ini ini saja dan ilmu yang itu itu aja. Hidup itu bukan semata-mata karena uang, kedudukan, jabatan, tahta, title dan semua embel-embel dunia. Carilah akherat, maka dunia akan mengikuti. Allah tidak pernah ingkar janji, dan Allah tidak pernah bilang InsyaAllah. Tapi semua janji-janji Allah adalah sebuah kebenaran yang sudah pasti akan di tepati oleh-Nya.

Saya yang memiliki pendidikan Formal begitu sangat kacau dan mungkin sangat tidak bermutu. Namun, saya senang belajar hal-hal baru, rasa ingin tahu yang besar. Dan motivasi hidup saya belajar bukan hanya dalam lingkup sekolah saja, kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun, saya bisa belajar karena saya mau.

Intinya itu.. Mencari ilmu bisa dimana saja, kapan saja dan dengan siapapun. Bagi saya, ilmupun datang dari anak-anak, tumbuhan, angin, dan semua yang dekat dengan kita, alam sekitar.

Inilah pemuasan seorang yang ingin tau banyak hal tanpa sekolah, dengan mengais sendiri ilmu yang ingin di dapatkan. Beruntung sekali orang yang memiliki kesempatan untuk menuntut ilmu saat ini, yang tidak beruntung adalah mereka yang sudah memiliki keberuntungan tersebut tidak memanfaatkannya dengan baik.

Ada yang tahu, kenapa kita harus terjatuh dulu sebelum ingat dan bersyukur kepada Allah? Saya juga heran, kenapa saya juga masih sering seperti itu, Hah.. Entahlah.. saya hanya ingin menulis bahwa saya sering belajar dari kehidupan yang saya jalani hingga saat ini :).

2 comments:

  1. Mudah2an kata2ku ini ada baiknya, se7 mba, klo kita mau baik ya deket2lah dengan yang baik2, dll, aku juga sedang mencoba deket2 sama yang baik2 nih mba, semoga aja jadi orang baik full begitu.

    ReplyDelete
  2. Nice blog sist....

    Tetap semangat ye sist :D
    Jgn lupa kunjungi balik blog ane http://maxiandroid.blogspot.com

    ReplyDelete