Thursday, March 21, 2013

Anak Berani Tampil dan Percaya Diri

Pemalu adalah sifat wajar dari manusia, siapaun itu, anak-anak maupun orangtua. Apalagi jika terjadi pada anak-anak dalam masa pertumbuhan Stimulasi Anak, mereka yang pemalu akan sangat merasa terganggu dengan orang-orang baru, lingkungan baru dan dunia baru. Kadang orangtua merasa bingung kenapa anak mereka yang awalnya di rumah biasa aja, tetapi pas di sekolah barunya menjadi sangat pemalu. Ini semua di akibatkan anak ini baru melihat dunia baru yang notabene baru dikenalnya.

Tentu saja di rumah, lingkungan sehari-harinya mereka tidak akan merasa risih. Berbeda dengan anak pemalu, anak pemberani justru lebih gampang menyesuaikan diri dengan dunia baru nya, meskipun sebelumnya dia tidak mengenal sama sekali. Bagaimana menyikapi agar anak berani tampil itu adalah tugas orangtua untuk selalu memberikan dukungan tanpa lelah.

Berikan Pujian dan Biasakan Memuji Anak


Tugas sebagai orangtua agar anak berani tampil dan percaya dirinya pulih adalah dengan:

1. Membiasakan untuk menghargai anak, beri respon bangga jika anak bicara dan berbuat baik dan selalu beri dukungan dengan kata-kata pujian yang lama-lama akan tertanam di dalam hati anak.

2. Berikan contoh berani tampil itu seperti apa, makanya beberapa PAUD mulai mengajak orangtua ikut tampil bersama anak, agar anak bisa mencontoh orangtuanya berani dan bisa juga tampil dengan baik.

3. Jika memang ada acara yang mewajibkan anak untuk tampil, persiapkan mental anak dari awal, jangan samapi anak terlambat ke acara dan jangan sampai merusak mood anak, karena rata-rata anak yang tidak mau tampil adalah karena moodnya berubah jelek.

4. Anda bisa menggunakan metode komplementasi, artinya jika anak mau melakukan ini, maka si anak akan di beri pujian dan hadiah. Namun metode ini tidak boleh selalu di gunakan, cukup di waktu-waktu genting saja.

0 Katamu:

 

Jombloku Copyright © 2014 Design by Ipietoon Blogger Template | Design Studio |
| Baju Muslim Terbaru | Lowongan Kerja Terbaru | Facewall