Thursday, March 21, 2013

Aturan Minum Teh

Khasiat pada teh memang sudah tidak diragukan lagi. Dengan perifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, meminum teh secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit seperti kanker, penuaan dini, penyakit jantung, dan penyakit lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa sebelum minum teh, ada beberapa aturan yang perlu diingat agar manfaat yang ada pada Kandungan Teh dapat dimaksimalkan.

Bahan tambahan pada teh

Banyak orang yang mencamput teh dengan gula atau susu karena dirasa lebih nikmat untuk disesap. Namun ternyata kebiasaan ini tidak berpengaruh baik bagi kesehatan dan justru dapat menghilangkan manfaat teh itu sendiri lho. Kedua bahan tersebut; gula dan susu dapat menghilangkan manfaat dari teh karena senyawanya yang bereaksi terhadap senyawa teh. Sebaiknya tambahkan buah lemon atau jeruk nipis untuk memperkaya rasa karena kandungan pada kedua buah tersebut yang mampu memaksimalkan manfaat dari katekin yang terkandung dalam teh dan meningkatkan kadar antioksidannya. Selain itu, beberapa bahan lain yang baik ditambahkan kedalam secangkir teh adalah madu, kayu manis, dan biji pala.
Cara menyeduh dan saat meminum

Kebanyakan orang mungkin menganggap remah bagaimana cara menyeduh teh yang baik dan benar. Namun hal tersebut ternyata dapat menjadi faktor yang menentukan banyak sedikitnya manfaat yang diperoleh dari munuman teh yang kita seduh. Seduhlah teh dengan air bersuhu tidak lebih dari 80° C agar kandungan tanin pada teh tidak hilang, lalu biarkan selama 2-3 menit hingga agak kental. Meminum teh juga sebaiknya jangan dibarengi dengan makan besar karena senyawa dalam teh yang bernama tanin akan bereaksi mengikat mineral pada makanan yang kita konsumsi sehingga tidak dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

No comments:

Post a Comment