Friday, August 22, 2014

Jenis Tepung Terigu Yang Mudah Diolah

Jenis tepung terigu memang banyak sekali, dan telah banyak produk yang membuatnya juga. Tepung terigu memang mempunyai banyak kriteria yang berbeda tergantung kebutuhan kita dalam memakainya. Karena tepung terigu merupakan bahan utama pembut masakan, pastinya kita harus mengetahui fungsi dari masing-masing jenis bukan? Apakah anda termasuk orang yang kebingungan dalam memilih jenis tepung? Tenang saja, dibawah ini akan menjelaskan sedikit tentang jenis tepung dan apa saja yang dibuat olehnya. Kita memang harus mengetahui jenis tepung ini, karena tepung merupakan bahan utama pembuat masakan, terkhusus, membuat roti. Pasti akan sulit jika kita adalah orang yang sering berkutat di dapur. Dan membutuhkan masakan berbahan dasar tepung terigu.

Banyak masakan yang memang membutuhkan tepung terigu sebagai bahan utamanya, contohnya saja seperti membuat roti dan kue, tepung adalah pondasi utama di dalamnya. Lalu bagaimana jika kita tidak mengetahui jenis tepung? Salah jika kita asal memakai tepung yang tidak sesuai, bukan hanya rasa yang akan berubah, kemungkinan roti atau kue pun menjadi rusak atau tidak dapat terpakai dalam bentuk maupun rasa.
Maka penting bagi kita untuk memilih tepung yang pas. Dalam majalah atau booklet masak memang sering menampilkan resep dengan memberi keterangan tepung yang ada di dalam resep trsebut. Hal ini memang memudahkan kita dalam memilih tepung. Tapi bagaimana jika kita berniat untuk bereksperimen dalam membuat sesuatu menggunakan tepung? Tentunya kita membutuhkan pengetahuan akan tepung terigu sendiri bukan?

Sebenarnya ada lima jenis tepung yang ada di pasar saat ini, yaitu terigu protein rendah, terigu protein sedang, terigu protein tinggi, terigu self raising, dan tepung terigu enrhiced. Ketiga tepung dengan protein rendah, tinggi, dan sedanglah yang serin dipakai saat akan membuat kue, tepung ini tepung yang termasuk laris di pasaran, sedangkan kedua tepung lain, seperti tepung terigu self raising dan enchired, tetap digunakan, tepung ini biasa dipakai untuk perbaikan gizi, karena terdapat nutrisi di dalamnya. Maka dari itu kita haru tahu khasiat berbagai jenis tepung terigu.

1 comment:

  1. Saya hampir setiap hari membeli tepung tetapi tidak jenis yang mana, intinya yang paling murah hargany hehe...

    Salam BW dari Pulau DOllar

    ReplyDelete