Friday, September 26, 2014

Pentingnya Kesehatan Anak pada Gigi

Kesehatan anak khususnya pada gigi adalah hal penting yang perlu dijaga sejak usia dini. Kelihatan sangat wajar jika anak mempunyai masalah gigi. Namun, sebenarnya hal tersebut sangat tidak baik apabila dibiarkan terlalu lama. Apalagi jika dibiarkan saja hingga dewasa, justru akan merusak tatanan serta bentuk mulut si anak. Untuk itu, anak perlu diajari cara mencegah agar gigi tidak mudah rusak sejak masih kecil.

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan orang tua untuk mencegah kesehatan pada anak, terutama di bagian gigi antara lain:

·         Saat anak tumbuh gigi pertama, ibu perlu terbiasa dengan menyikat gigi dua kali sehari menggunakan kain kasa,

·         Kurangi kebiasaan anak minum susu menggunakan empeng bayi  saat menjelang tidur karena sisa susu akan tertinggal di gigi saat akan tidur,

·         Setelah tumbuh besar, biasakan diri anak untuk menyikat gigi dua kali sehari saat pagi dan malam.

Menjaga kesehatan anak terutama pada gigi akan sangat bermanfaat bagi anak jika dewasa kelak. Pasalnya, gigi adalah salah satu penunjang rasa percaya diri pada diri sang anak ketika masa remaja. Berusahalah mengurangi konsumsi anak dari permen serta makanan yang terlalu manis. Jangan lupa untuk selalu membiasakan minum air putih sebagai penetralisir mulut si kecil. Hal tersebut akan bermanfaat sekali untuk kesehatan gigi anak, terutama saat mereka menginjak usai dewasa.

No comments:

Post a Comment