Friday, October 24, 2014

Memilih Manajer Investasi Reksadana Yang Tepat

Sudah pernah mendengar mengenai investasi dalam reksadana? Berarti anda mengetahui bahwa dibutuhkan pihak ketiga atau pihak lain sebagai agen anda bukan? agen ini dikenal dengan sebutan manajer investasi. Menurut peraturan manajer investasi ini adalah seorang pihak yang secara legal akan mewakili investor untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi. Baik keputusan untuk leave or take.

Sebagai seorang manajer investasi, hal-hal atau keputusan yang mereka ambil tentunya adalah keputusan yang telah diketahui sebelumnya oleh investor. Investor harus disodori bagaimana prosedur pengelolaan dana yang mereka lakukan. Salah satunya melalui prospectus mengenai produk yang mereka tawarkan. Adapun kriteria manajer investasi yang seharusnya anda pilih adalah sebagai berikut:

1.    Pengalaman dari manajer investasi yang akan dipilih.
2.    Jumlah dana yang dikelola oleh manajer investasi.
3.    Bank custodian yang dapat diakses. Semakin banyak cabang bank custodian di Indonesia, tentu akan membuat akses semakin mudah.
4.    Transparansi biaya yang harus dibayarkan oleh investor.

Selain beberapa hal diatas, yang paling penting adalah informasi dari nilai aktiva bersih yang disampaikan. Investor berhak mengetahui berapa NAB hari per hari. Khususnya melalui media massa. Karena nilai NAB dibandingkan dengan unit penyertaan yang dikelolah oleh perusahaan manajemen investasi akan menunjukkan harga jual reksadana tersebut. Sehingga ini yang akan dijadikan pertimbangan, apakah akan memiliki unit penyertaan tersebut atau harus menjual unit penyertaannya.


No comments:

Post a Comment