Thursday, October 30, 2014

Pengelolaan Sampah Kreatif Ala Ibu Bercahaya

Sisa hasil olahan rumah tangga sering kali menjadi sesuatu yang sangat menjengkelkan apabila tidak dilakukan cara pengelolaan sampah dengan baik. Hal ini akan semakin diperparah dengan tidak adanya tukang pengambil sampah untuk mengangkut limbah rumah tangga yang telah kita tumpuk beberapa hari atau mungkin beberapa minggu. Selain akan menimbulkan kekotoran serta bau tak sedap, tumpukan sampah dapat menyebabkan timbulnya bibit penyakit yang dapat membahayakan kesehatan kita maupun anggota keluarga yang lain.

Adanya resiko yang cukup mengganggu dari tidak adanya pemberdayaan sampah rumah tangga, membuat Ibu Bercahaya, sebuah komunitas yang mewadahi ibu-ibu yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitar mempunyai cara kreatif agar sampah rumah tangga dapat dikelola dengan baik. Sehingga sampah tidak lagi menjadi bahaya dan ancaman bagi penghuni rumah. Beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mengelola adalah :

1.Menggunakan kembali sampah-sampah yang masih bisa digunakan seperti kaleng bekas tempat makanan, botol plastik minuman atau sikat gigi yang telah rusak dan tidak terpakai untuk membersihkan lantai.
2.Menempatkan beberapa tempat sampah yang telah dipisah basah dan kering di beberapa sudut rumah yang biasa digunakan menumpuk sampah agar tidak ada sampah menumpuk.
3.Menjadikan sampah organik menjadi kompos alami bagi tanaman kesayangan anda agar tumbuh subur.

Dengan mempraktekkan cara kreatif ala komunitas Ibu Bercahaya ini, maka sedikit banyak anda telah mengurangi resiko akibat tidak adanya pengelolaan sampah dengan benar dirumah.

No comments:

Post a Comment