Sunday, October 19, 2014

Perkembangan Anak Usia 2-3 Bulan

Kinza's Action, 3 month
Setelah sebelumnya menulis Tumbuh Kembang Anak Usia 0 bulan atau baru lahir sekarang saya akan melanjutkan bagaimana pertumbuhan anak selanjutnya. Saya tidak melihat ke situs-situs parenting, ibu dan bayi atau lainnya, tapi saya menulis berdasarkan pertumbuhan anak saya Kinza yang InsyaAllah tumbuh dengan normal dan sangat baik meskipun Kinza lahir dalam keadaan prematur. Untuk bulan ke dua dalam kehidupannya berat badannya bertambah lebih dari 1kg yaitu, 1,1kg. Panjang Kinza yang semula hanya 46cm kini bertambah 2cm. bulu matanya sudah mulai terlihat menghitam namun belum begitu tebal.

Penglihatan anak usia 2 bulan belumlah jelas dan mungkin terkesan anak bayi belum bisa melihat meskipun dia terus memperhatikan sesuatu, seperti memperhatikan sang ibu saat disusui kalau kita pancing dengan mendekatkan tangan  dengan matanya, dia tidak akan berkedip. Namun, jika ada sinar yang sedikit menyilaukan matanya, ia akan merespon dengan berkedip. Kalau di perhatikan.. Melihat anak seperti itu, rasanya sebagai orang yang melahirkan ingin sekali melindungi, entah bagaimana ceritanya, rasa kasih sayang terus mengalir dan terus semakin dalam dari hari ke hari bersama sang bayi, itukah yang di sebut naluri seorang ibu? emm.. mungkin :D.


Di bulan ke dua, anak sudah menampakkan perubahan demi perubahan. Mata yang sebelumnya kuning sekarang mulai berangsur baik dan memutih jika bayi sempat mengalami kuning di awal kehidupannya. Bulu-bulu matanya mulai tumbuh dan menghitam, pipinya yang semakin tembem, kaki-tangannya yang sudah terlihat seperti kaki tangan tidak seperti sebelumnya saat bayi masih baru dilahirkan.

Owh ya di bulan ini, anak masih sering berontak da nangis teriak-teriak. Ada banyak alasan mengapa bayi suka menangis, yang jelas bukan karena hanya kelaparan saja lo. Dan Bunda harus cermat melihat tumbuh kembang anaknya, memahami arti tangisnya, nanti saya akan tuliskan beberapa pengalaman arti tangis bayi yang harus bunda tau, jika bunda adalah seorang ibu baru. Dan point-point perkembangannya anak usia 2 - 3 bulan adalah sebagai berikut :

  • Berat badan anak masih naik berkisar 1 kg
  • Masih belum bergerak aktif
  • Bulu-bulu yang ada di matanya mulai menghitam
  • Pola tidur yang masih ia butuhkan masih sangat banyak, yaitu 1 jam bangun 3 jam tidur, WOW... kalo orang dewasa sudah dimarahin tuh sama mamaknya haha...
  • Diusianya yang menginjak 3 bulan, bayi sudah bisa melihat.
  • Mulai suka memperhatikan sesuatu, karena sudah ada banyak hal yang mencur perhatiannya
  • Mulai bisa menahan kepalanya sendiri meskipun belum terlalu kuat.
  • Hal yang paling menyenangkan adalah, Bunda sekarang tidak berkomunikasi 1 arah lagi dengan si kecil, dia bisa menjawab kata-kata anda dengan senyumannya, seperti Kinza yang berumur 3 bulan :).
Dan ini adalah expresi Kinza saat umurnya memasuki 3 Bulan :D


2 comments:

  1. semakin besar anak semakin lucu, dulu Aisyah umur segitu udah bisa bercanda dan mengenali bauku, mungkin karena aku bau susu :D

    ReplyDelete
  2. anak nya imut banget , oh jadi begitu perkembangan bayi umur 2-3 bulan ya bu

    ReplyDelete