Thursday, October 23, 2014

Plus Minus Metode Preventive Maintenance

Sebuah komponen mesin mempunyai masa aktif, jika tidak dirawat maka akan menimbulkan kerusakan yang serius. Melalui preventive maintenance, mesin produksi akan tetap terjaga kualitasnya. Menjaga kualitas mesin, harus dilakukan pengecekan secara berkala agar kondisi mesin dapat terkontrol dengan baik. Tindakan yang dilakukan secara berkala ini mempunyai berbagai keuntungan bagi kualitas mesin produksi Anda.

Bukan hanya satu keuntungan yang akan anda dapatkan melainkan ada beragam keuntungan yang akan Anda dapatkan saat melakukan pemeriksaan berkala, diantaranya:

•    Bersifat antisipasif, mampu melakukan merencakan perbaikan pada mesin produksi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
•    Dapat meminimalisir kerusakan mesin secara mendadak, sehingga komponen mesin Anda dapat dicegah.
•    Mampu meningkatkan mutu kualitas suku cadang.
•    Mampu meminimalisir kegiatan darurat seperti mesin mati secara tiba-tiba sehingga harus memeriksa mesin secara mendadak.

Bukan hanya keuntungan saja yang ada pada metode preventive maintenance ini melainkan juga terdapat kerugian dalam menjalankan metode ini. Salah satu kerugian yang didapat adalah terjadi pemborosan suku cadang, karena selalu mengganti suku cadang sebelum rusak. Akan tetapi, plus minus metode ini perlu diadakan pengembangan lagi, seperti adanya pemahaman untuk saling menunjang antara bagian produksi dengan bagian maintenance, harus memiliki sistem administratif yang terstruktur, dan juga memiliki program perbaikan secara teliti serta memiliki program pemeriksaan yang teratur dan secara berkala.

No comments:

Post a Comment