Thursday, November 27, 2014

Cara Membuat Capcay dengan Mudah

Jika sedang menginginkan hidangan capcay, terkadang orang harus mendatangi restoran masakan Cina terlebih dahulu. Capcay memang merupakan hidangan asal Tionghoa dan memiliki ciri khas beragam sayur dimasak dalam satu hidangan sehingga dapat menjadi alternatif makanan sehat namun lezat dan menggugah selera. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir harus pergi jauh untuk menikmati hidangan capcay. Karena berikut ini kami berikan cara membuat capcay dengan mudah yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Bahan bahan capcay:

· 2 buah wortel ukuran sedang    50 gr jagung muda atau putren
· 100 gr kol                               50 gr jamur merang
· 100 gr kembang kol                50 gr caisim atau sawi hijau
· 75 gr sawi putih                       50 gr kapri
· 1 buah paha ayam fillet, di potok kotak kotak

Bumbu capcay:

· 3 siung bawang putih    ½ bawang bombay ukuran sedang, iris tipis memanjang
· 2 sdm saus tiram    1 sdm kecap ikan
· ¼ sdt garam halus    ½ sdt gula pasir
· ½ sdt merica bubuk    ½ bungkus royco bumbu penyedap serbaguna rasa ayam
· ½ sdt minyak wijen

Cara membuat capcay:

1. Resep Capcay yang pertama siapkan semua bahan sayur yang akan digunakan. Cuci bersih lalu potong sesuai jenis sayurnya. Untuk wortel, jagung muda dan kapri, iris membentuk serong dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu tipis. Untuk kembang kol gunakan kuntumnya saja agar tampilannya menarik. Iris tipis sawi putih, kol dan sawi hijau denga lebar kurang lebih 2 cm dan terakhir tomat dengan potongan kotak atau menyerupai dadu.

2. Siapkan minyak panas. Tumis bawang bombay yang sudah diiris halus dan bawang putih yang sudah di memarkan sebelumnya. Tunggu hingga layu dan harum, lalu masukkan daging ayam. Aduk hingga berubah warna

3. Tambahkan semua bahan sayuran termasuk jamur merang lalu aduk hingga merata dan sedikit layu. Tambahkan bumbu seperti saus tiram, kecap ikan, garam, gula, merica, minyak wijen dan tak lupa royco penyedap serbaguna ayam.

4. Aduk hingga merata, lalu angkat setelah matang. Capcay siap di sajikan

Demikian cara membuat capcay khusus untuk anda. Mudah, bukan?


2 comments:

  1. Lebih mudah lagi kalau tinggal makan :D

    have a nice day :)

    ReplyDelete