Thursday, November 27, 2014

Pentingnya Bermain Bagi Anak

Permainan anak laki-laki cenderung berbeda dengan permainan anak perempuan. Pasalnya anak laki-laki biasanya memiliki energi yang lebih banyak ketimbang anak perempuan. Karena itu sebagai sarana penyaluran energi tersebut dibutuhkan permainan yang cukup menguras tenaga. Bukan berarti anak perempuan tidak memiliki banyak energi, namun jika tidak disalurkan dengan baik anak laki-laki bisa bersifat lebih agresif. Nah, karenanya permainan yang harus difasilitasi oleh orang tua pada anak laki-laki biasanya menggunakan banyak permainan yang terkait dengan aktivitas fisik.

Selain aktivitas fisik permainan anak laki-laki juga seharusnya diarahkan untuk membangun karakter mereka di kemudian hari. Diantaranya untuk menjadi pemimpin, agar lebih berani, dan juga penuh rasa ingin tahu. Terlepas dari itu, bermain merupakan sarana yang sangat penting bagi anak-anak untuk mengenalkan dunia pada mereka.
Dalam bermain mereka dapat belajar banyak hal, seperti cara bersosialisasi, menghormati orang lain, belajar mengenai aturan, dan seterusnya. Namun berbagai permainan itu juga bisa dibuat untuk membentuk karakter anak-anak. Jadi, sesungguhnya banyak hal yang didapat oleh anak ketika bermain.  

Anak yang sering bermain cenderung lebih sehat ketimbang yang tidak, baik secara fisik maupun mental. Karena alasan yang sudah diungkap sebelumnya, yaitu bermain sama dengan membangun kepribadian sang anak. Dan karena memiliki kecenderungan yang berbeda pula anak laki-laki biasanya lebih memilih untuk bermain dengan anak laki-laki lagi, dan begitu juga sebaliknya, anak perempuan lebih suka untuk bermain dengan anak perempuan lagi. Karena mereka memiliki energi yang berbeda.

No comments:

Post a Comment