Saturday, November 8, 2014

Permainan Edukatif Untuk Tumbuh Kembang Anak Balita

    Dunia anak merupakan dunia bermain, bahkan belajarpun dari permainannya. Ibu harus pandai memilihkan permainan yang dapat mengasah pengetahuan dan perkembangan otak buah hati. Agar anak tidak hanya bermain tapi juga belajar, cobalah permainan edukatif di bawah ini. Semoga tumbuh kembang anak balita anda menjadi lebih sempurna.

Menyusun Balok Berwarna


    Permainan pertama yang mendidik adalah menyusun balok warna. Anak akan belajar mengenai keseimbangan, kerapian, dan warna dalam permainan ini. Kalau anda mengajari anak menyusun balok sambil berhitung, ia juga akan mengenal angka. Sambil bermain, ia telah belajar banyak hal. Permainan balok sangat bagus untuk anak-anak di bawah satu dua tahun.

Puzzle Huruf

    Bila buah hati anda sudah berusia tiga tahun, cobalah untuk mengenalkan huruf padanya dengan bermain puzzle. Bisa dimulai dari huruf besar yang lebih mudah dikenali. Penyusunan puzzle dilakukan dengan mengurutkan huruf A-Z sehingga anak dengan sendirinya merekam bentuk huruf dalam puzzle tersebut. Berikan warna puzzle yang menarik agar anak mau bermain. Cara ini akan mempermudah membuat kemajuan otak anak kecil tanpa memaksanya.

Kartu Hewan

    Anak perlu mengenal dunia binatang melalui gambar mainannya. Usahakan memberikan mainan yang ada gambar hewannya. Anda juga bisa bermain tebak gambar hewan bila anak sudah bisa diajak berkomunikasi. Kartu hewan ini juga bisa disusun menjadi puzzle atau dijajar untuk mainan.

Ular Tangga

    Bermain ular tangga untuk anak berusia 4 tahun sangat bagus. Dalam permainan ular tangga tersebut buah hati akan mengenal aturan dalam kehidupan, patuh pada aturan, angka, dan membaca simbol. Bermain ular tangga bersama teman juga akan membuatnya menjadi pribadi yang terbuka. Permainan ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak balita.

    Jangan takut noda kalau anda ingin buah hati bisa tumbuh optimal dengan bermain. Anda kadang memang harus mengajaknya ke tempat yang kotor seperti bermain bola, berlari, berkebun, atau membersihkan halaman. Semua itu demi mendidik kemajuan pertumbuhan balita di masa yang akan datang. Kalau masalah baju kotor bisa dicuci hingga bersih dengan deterjen rinso.

No comments:

Post a Comment