Friday, December 5, 2014

Resep Masakan Indonesia (Pempek)

Resep masakan Indonesia  - Indonesia merupakan Negara yang kaya akan rempah rempah, oleh sebab itu Indonesia merupakan Negara yang sangat kaya dengan kulinernya. Berbagai daerah di Indonesia memiliki makanan khas masing masing dan salah satunya adalah di pelembang. Di Sumatra selatan ini terdapat sebuah makanan yang sangat khas dan telah di kenal di berbagai daerah di Indonesia. Masakan tersebut disebut dengan pempek. Pempek merupakan makanan yang rasanya sangat enak, kenyal, dan gurih dan di makan bersama cuka. Pempek sendiri terdiri dari berbagai macam seperti lenggang, selem, adaan dan lain lain namun tetap menggunakan bahan yang sama.

Resep pempek khas Palembang :

1.250 gram daging tenggiri halus atau dapat dig anti dengan ikan lainnya.
2.150 gr sagu atau aci
3.1 sendok garam
4.Setengah sendok gula
5.Setengah sendok penyedap
6.10 siung bawang putih
7.4 butir putih telur

Bahan untuk membuat cuka :
1.Gula aren
2. Setengah lt air
3.Cabai rawit
4.4 bungkus asam jawa
5.Ebi secukupnya
6.3 siung bawang putih

Inilah resep masakan  Indonesia yang berasal dari Palembang :
1.Pertama untuk membuat pempek. Pertama masukan ikan, bumbu ( terdiri dari bawang putih dan garam yang di haluskan). Kemudian remas remas ikan dan ditambahkan dengan air dingin atau es. Setelah itu, masukan sedikit demi sedikit sagu kedalam adonan. Setelah itu uleni sampai adonan tercampur rata. Setelah itu masukan putih telur dan minyak 1 sendok makan. Setelah itu bentuk adonan menjadi bulat kemudian rebus dalam air mendidih. Setelah pempek mengambang maka menandakan bahwa pempek telah matang. Setelah matang tunggu sampai dingin kemudian anda dapat menggorengnya.
2.Cara membuat cuka. Pertama anda harus menggiling cabai, bawang merah, garam serta ebi. Setelah itu masak bersama gula aren. Setelah matang, saring agar serbuk serbuk cabai hilang.
3.Pempek siap dihidangkan bersama cuka.

Itulah resep masakan Indonesia yang khas dari Palembang serta cara membuatnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment