Wednesday, December 10, 2014

Tips Browsing Cepat Tanpa Buang Waktu

Sebagai seorang blogger, saya tentu sudah sangat sering berselancar di dunia maya. Entah hanya sekedar browsing dalam mencari bahan untuk artikel ataupun dalam acara mencari ide-ide segar sebagai bahan tulisan di blog. Selain itu, saya juga sering mencari-cari artikel yang sebenarnya bukan saya banget, tentu saja itu buat referensi nulis artikel untuk klien-klien yang saya handle #gayaaa..#.

Seperti contohnya artikel kecantikan, jujur saja, awal mula saya nggak ngerti sama sekali dan gak pernah browsing tentang kecantikan. Entah kenapa, saya sedikit "alergi" dengan kata tersebut. Pasalnya, saya jarang memperhatikan wajah saya, jadi untuk menulis artikel tentang tips kecantikan, saya sedikit agak bingung :D. Tapi apalah, demi sebuah artikel yang baik dan demi IDR tentunya #ngakak#, saya paksakan untuk terus membacanya.

Dalam acara browsing tersebut, saya sering sekali jengkel dengan beberapa situs yang menyediakan artikel alakadarnya, gak berkwalitas dan asal nulis. Tapi kenapa justru blog-blog tersebut selalu nangkring di page one google. Jawabannya tentu saja, yang punya blog orangnya pinter SEO. Tapi entah, saya lama sekali tidak mempelajari lebih mendalam ilmu SEO masa kini. Yang jelas, blog-blog yang ada diatas saat pencarian Google adalah blog yang dirawat dengan baik.

Nah.. bagi kamu yang baru mengenal dunia browsing dan cari mencari situs yang benar-benar menyediakan berita yang bermanfaat. Ada beberapa tips dari saya yang patut kamu simak agar kamu gak buang-buang waktu karena nemuin situs-situs gak bermanfaat di dunia maya.

  • Lihat URL blog
Ya... kamu bisa melihat URL blog/website yang nampang di page one tersebut, tentunya kamu sudah bisa menebak donk, mana URL yang benar-benar  menyediakan konten yang bermanfaat
  • Lihat isi tulisan
Jangan kaget jika kamu nemu tulisan yang pendek dengan kata yang itu-itu saja alias muter-muter. Website tersebut hanya menyebutkan semuanya kata kunci yang kamu cari. Sudah bisa ditebak, pasti web tersebut hanya mengejar pengunjung, bukan menyediakan informasi bermanfaat bagi pengunjungnya. Kalau sudah nemu website model begini, jangan pikir panjang untuk segera menutupnya.
  •  Pop Up
Banyak situs yang memiliki banyak pengunjung terkadang suka "maksa". Mereka menaruh link Pop Up untuk di klik, bukan tepatnya "harus diklik" baru bisa melihat artikel yang kita inginkan. Bukankah itu sebuah pemaksaan? Kalau saya nemu situs kayak gitu, langsung saya close tanpa nunggu selesai loading :D.
  • Tulisan yang Relevan dan Enak di baca
Nah.. ini dia situs yang patut kamu tongkrongin lama-lama. Meski situs seperti ini memiliki iklan, tapi iklan tersebut tertata dengan rapi. Tidak bikin mata sumpek dan masih terkesan sangat wajar. Selain tulisan yang enak di baca, blog/website tersebut disediakan untuk pengunjung, bukan untuk robot, contohnya seperti tren.co.id

Sekarang kamu tau kan, dimana kamu harus mencari berita terbaru, berita yang lagi tren dan tips-tips kehidupan lainnya seperti artikel kehamilan, kecantikan dan lain-lain. Kenali situsnya, kemudian putuskan close atau lanjut. Selamat berselancar di Dunia maya ;).

No comments:

Post a Comment