Friday, December 5, 2014

Tips Membuat Sumber Air Bersih

Air bersih seharusnya dapat terpenuhi bila sumbernya tidak tercemar oleh limbah. Karena zat padat yang terdapat dalam air jika jumlahnya banyak maka tidak akan baik untuk di minum. Banyaknya zat padat yang di toleransi untuk air minum yaitu kurang dari 500 mg/l . Pengaruh yang dapat timbul dari segi kesehatan karena penyimpangan kualitas air adalah memberikan rasa yang tidak enak ketika di minum dan menyebabkan rasa mual.

Maka dari itu sebaiknya anda berhati hati dalam menentukan air yang bersih dan layak di konsumsi. Karena tidak selamanya kita minum hanya ketika dirumah, ada saat dimana sedang bepergian dan membeli air minum atau makanan. Jangan mengonsumsi air yang rasanya aneh dan berbau tidak sedap. Air yang tampak keruh juga sebaiknya tidak dikonsumsi. Berikut cara menghindari adanya air yang tidak berkualitas:

1.Hindari menggunakan air tanah yang kedalamannya hanya sekitar 10 hingga 15 meter saja karena dapat menyebabkan air tercemar dengan nitrat yang dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh di masa 20 hingga 30 tahun mendatang.
2.Jangan membuat sumur yang dekat dengan septitank, karena air dapat tercemar oleh bakteri patogen yang berasal dari kotoran manusia.

Beberapa cara untuk mendapatkan pilihan air bersih dapat diterapkan di rumah. Cara ini mencegah adanya zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan. Misalnya saja senyawa nitrat yang mengendap di dalam tubuh maka diperlukan 6.000 liter air untuk menghilangkannya.

No comments:

Post a Comment