Saturday, January 3, 2015

Awali Hari dengan Sarapan Bergizi

“Awali hari Anak Anda dengan sarapan bergizi dan mengundang selera”, itulah cara mengatasi anak susah makan yang paling mudah, karena sarapan adalah pembiasaan bagi anak untuk menjadikan pola makannya memiliki jadual rutin, setidaknya 3 kali sehari. Jika anak sudah terbiasa untuk sarapan, maka jadual makan siang dan makan malamnya pun akan berlangsung dengan tertib, tanpa harus menunggu perintah. Sarapan bergizi sendiri adalah sarapan yang porsinya sesuai dengan kebutuhan anak, baik porsi dari banyaknya makanan yang disantap maupun porsi dari sisi kandungan gizi.

Untuk porsi dari banyaknya makanan saat sarapan, kurang lebihnya sekitar 20% – 25% dari jumlah total makanan yang dikonsumsi dalam sehari. Jangan biarkan anak menyantap makanan terlalu banyak, karena selain dapat membuat perutnya sakit, juga membuat aliran darah lebih banyak yang terpusat ke perut, akibatnya anak menjadi tidak nyaman dan mudah sekali terserang kantuk. Sedang porsi dari sisi kandungan gizi adalah tercukupinya unsur protein, mineral, vitamin, karbohidrat, lemak serta serat untuk menunjang kebutuhan energy guna aktifitasnya sedari pagi hingga siang hari.


Dengan pertimbangan bahwa jumlah kalori yang dihasilkan dari sarapan tidak harus setinggi jumlah kalori pada jadual makan yang lain, hidangan yang disajikan saat sarapan boleh hidangan yang praktis yang tidak membutuhkan perlakuan khusus, tidak memerlukan peralatan masak tertentu, serta tidak memakan waktu lama dalam proses pembuatannya. Namun demikian, hidangan yang lezat, menarik, dan bervariasi tetap harus diperhatikan, karena sarapan yang mengundang selera juga merupakan salah satu cara mengatasi anak susah makan.

Mungkin akan timbul pertanyaan, hidangan seperti apa yang lezat, menarik, dan setiap harinya bervariasi, tanpa membutuhkan waktu memasak yang lama, tidak butuh perlakuan dan peralatan yang  khusus, serta dengan penyajian yang praktis? Banyak, salah satu contoh dengan menyajikan secara bervariasi antara nasi, roti, dan kentang, atau nasi goreng dengan telur ceplok, nugget ayam dengan parutan wortel ditambah kerupuk bayam guna memenuhi kebutuhan serat.

Sekali waktu bisa juga dengan membuat masakan khusus, tetapi dibuat setengah matang pada malam harinya, sehingga di pagi hari masakan tersebut tinggal dimatangkan. Untuk membuat setiap masakan terjamin kelezatannya, gunakan Royco sebagai bumbu penyedap, karena Royco dibuat dengan takaran bahan-bahan pilihan yang sempurna, sehingga kelezatannya selalu pas di lidah.

Jika ingin membuat masakan yang praktis, Anda juga bisa memanfaatkan Royco bumbu komplit yang memiliki 6 varian, yaitu: Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng, Royco Bumbu Komplit Ikan Goreng, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng Pedas, Royco Bumbu Komplit Sayur Asem, serta Royco Bumbu Komplit Tempe & Tahu Goreng. Dengan Royco bumbu komplit, Anda hanya tinggal menyiapkan bahan dasarnya, tanpa perlu ribet dengan urusan bumbu dapur, sebab cukup dengan 1 sachet Royco, bahan dasar yang ada sudah siap untuk dijadikan masakan lezat. Karena itu, pastikan Royco menemani masakan Anda, sebab Royco bisa jadi alternative kiat dan tips mengatasi anak susah makan dengan praktis. (*)

No comments:

Post a Comment