Monday, January 12, 2015

Manfaat Jahe Untuk Mengobati Rasa Mulas, Maag Dan Batuk

Lama sekali rasanya saya tidak menulis hal-hal yang bermanfaat, atau sama sekali tidak pernah haha. InsyaAllah mulai sekarang dah saya akan menulis yang jauh lebih bermanfaat dari sebelumnya, untuk urusan curhat, tetep donk ya... kali ini saya akan membahas tentang begitu banyak manfaat dari jahe.

Jika Anda mengetahui manfaat jahe, Anda tentu tidak akan menghabiskan uang ratusan ribu untuk membeli beberapa obat di pasar atau di apotik. Berbagai penyakit bisa ditangani dengan menggunakan jahe. Tidak sedikit produk-produk alami yang dijual seperti tolak angin dan lain sebagainya memanfaatkan jahe sebagai salah satu bahannya. Dan jahe juga banyak kita temukan digunakan oleh tukang jamu, hingga sebagai bahan campuran makanan, dari sanalah kita bisa mengetahui bahwa jahe adalah salah satu bahan alami yang fungsinya sangat banyak dan luar biasa bagi kesehatan kita.

Makanan dan minuman tidak sehat
Beberapa makanan yang berpotensi membuat kita mendapatkan beberapa masalah kesehatan diantaranya adalah:


  • Kafein
  • Gorengan atau makanan berlemak
  • Coklat
  • Alkohol, dan beberapa makanan asam lainnya seperti
  • Jeruk, dan
  • Tomat.

Akan tetapi, masalahnya makanan-makanan tersebut sangat sulit dihindari terlebih bagi Anda yang memang sudah hobi dan tergantung pada makanan dan minuman tersebut. Oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah solusi alami yang tepat untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh makanan-makanan yang kita sukai tersebut. Disinilah peran penting jahe yang bisa digunakan untuk menangkal beberapa masalah yang ditimbulkan oleh makanan makanan di atas.

Bahaya obat kimia

Cobalah untuk menghindari penggunaan obat-obatan yang tidak efektif dan menimbulkan efek samping. Obat-obat yang banyak dijual dipasar tersebut memang didesain untuk mengatasi beberapa masalah kita, akan tetapi terkadang obat-obatan tersebut justru memperburuk kondisi yang kita alami.

Beberapa masalah yang bisa ditimbulkan oleh obat-obatan di antaranya adalah, obat yang seharusnya berfungsi untuk menahan asam lambung justru merubah beberapa penyakit, justru menghilangkan asam lambung sama sekali, sehingga menyebabkan disfungsi asam lambung.
Beberapa penelitian mengatakan bahwa obat yang berfungsi untuk mencegah asam lambung berpotensi menghadirkan beberapa masalah berikut:

  • Diare
  • Infeksi clostridium
  • Paru-paru basah
  • Patah tulang, dan
  • Kanker

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, disinilah peran penting jahe sebagai salah satu obat alami yang bisa kita manfaatkan. Dalam sebuah studi pada tahun 2007 berkaitan dengan bakteri dan ulkus menemukan bahwa, jahe memiliki khasiat dan manfaat sebagai pencegah asam lambung. Hebatnya, jahe berfungsi 6 - 8 kali lebih baik daripada obat-obatan yang ada di pasar saat ini. Tidak seperti obat-obatan yang mengganggu atau menghapus penghalang asam lambung, jahe justru berfungsi sebagai penghambat refluks asam karena mengandung enzim proteolitik ampuh yang lebih ampuh dari pada pepaya.

Manfaat Jahe untuk  mengatasi  maag

Selain itu, jahe juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag. Jahe berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, dan memiliki sifat anti parasit. Manfaat jahe juga bisa digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang berbahaya.

Manfaat Jahe untuk mengatasi batuk

Air rebusan jahe bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala batuk atau penyakit batuk ringan.

2 comments:

  1. Menurut papaku, di kampungnya di Portugis sana, mereka pakai jahe untuk segala macem. Mulai dari obat mata sampai nasi goreng. hihihihi....
    Yang pasti jahe enak buat masuk anginnnnn...

    Selamat tahun baru yaaaa...
    Yang terbaik di tahun baru ini...

    -Ninneta-
    www.ninneta.com

    ReplyDelete