Saturday, February 21, 2015

Berbagai Faktor Mengapa Harus Hemat Listrik

Efiensi energi merupakan salah satu hal yang sering menjadi prioritas dalam pengelolaan energi di perusahaan, salah satu elemen penting energi dalam sebuah perusahaan adalah energi listrik, dimana energi ini menjadi nyawa yang akan membuat operasional perusahaan tetap hidup dan berjalan sehingga produksi dan operasional lainnya tidak terganggu. Agar listrik tetap berjalan dengan baik maka perlu untuk melakukan Efisiensi Energi yang berguna untuk kepentingan perekonomian. Lalu apa sajakah faktor penyebab yang mengharuskan kita hemat listrik, sehingga bisa memanajemen energi dengan baik.

a. Menyusutnya energi fosil

Seperti kita ketahui bersama jika energi fosil merupakan energi tidak terperbaharukan, energi fosil ini menjadi salah satu energi utama penyokong energi dalam industri. Jika energi tidak terperbaharukan ini terus di pakai maka cadangan akan menyusut dan sulit untuk mencari pengganti, untuk itu penggunaan energi listrik bisa menjadi pelengkap energi yang bisa digunakan. Selain itu efisiensi juga perlu dilakukan agar energi yang di pakai bisa lebih efisien.

b. Efisiensi Anggaran Perusahaan

Energi listrik sangat erat berhubungan dengan anggaran rutin bulanan yang perlu dikeluarkan, jika kita menggunakan energi listrik dengan tanpa batasan tentu ini akan mengakibatkan konsumsi energi listrik dan pengeluaran menjadi tidak terkontrol yang dapat berakibat tersedotnya anggaran untuk divisi lain yang diperlukan. Untuk itulah kita perlu melakukan hemat listrik di beberapa lini operasional perusahaan.

Penghematan listrik dengan menekan pengeluaran energi listrik yang tidak perlu tidak akan mempengaruhi kinerja dan operasional perusahaan. Karena untuk beberapa objek energi tetap dapat disalurkan dengan pasokan yang di butuhkan untuk menjalankan alat dan tetap hemat listrik.

c. Ikut membantu gerakan penghematan

Penghematan energi listrik tidak hanya bisa dilakukan oleh satu pihak atau orang per orang namun harus dilakukan kolektif dari berbagai perusahaan dan bidang untuk keperluan bersama. Karena jika energi listrik terganggu maka semua pihak akan ikut merasakan dampaknya. Untuk itu dengan melakukan efisiensi energi melalui penghematan listrik maka kita turut serta dalam penghematan energi yang dibutuhkan untuk kelangsungan dunia industri dan perekonomian di masa depan.

No comments:

Post a Comment