Wednesday, February 25, 2015

Mandiri, Bukan Mandi Sendiri

Menjadi orang yang memiliki kwalitas bisa dilihat dari apa yang dikerjakan dan apa yang digemari. Saya sendiri diam-diam suka menilai orang-orang dalam batin saya tanpa keluar satu patah katapun, cukup berkomentar dalam diri sendiri kemudian diolah menjadi sebuah pelajaran, yang baik di ambil, dan yang buruk ditinggal. Meski terkadang aksi ini selalu  dan akan membawa saya kepada penyakit hati yang tidak disadari.

Selalu mengejar hal-hal yang berbau gratis dan suka sekali dengan pemberian adalah salah satu cirinya. Karena, dengan kemudahan-kemudahan tersebut, seolah kita tidak mau berusaha terlebih dahulu dengan apa yang kita inginkan. Dengan kemauan saja untuk berusaha, sudah berarti kita menjadi orang yang tidak selalu mengandalkan orang lain. Hidup adalah sebuah kemandirian yang harus dilakukan secara individu untuk menanggung dirinya sendiri. Lebih-lebih jika apa yang diusahakan untuk dirinya sendiri dapat dibagi dengan orang lain.

Dengan selalu mengharap, meminta dan menunggu pemberian dari orang lain, seseorang akan jauh dari kehidupan mandiri dan hal tersebut akan membuat kita malas berusaha dan maju lebih cepat. Dan semua itu, berawal dari kebiasaan dan apa yang selalu kerjakan. Jangan sepelekan hal-hal kecil yang menjadi kebiasaan kita, karena dengan itu karakter kita akan terbentuk. Sekian :p

1 comment:

  1. Hmmmm Selalu mengejar hal-hal yang berbau gratis, benar-benar saya kena tampar, wkwkwk

    ReplyDelete