Friday, February 6, 2015

Pentingnya Peran Ibu dalam Kebersamaan Dalam Keluarga

Sering di dalam keluarga kita mendapati bahwa sekalipun kita tinggal di dalam satu atap, kita ternyata sebenarnya sendirian. Maksudnya? Dengan banyaknya kegiatan yang setiap anggota keluarga punya, dan juga dengan perbedaan minat dan kegiatan, ada kalanya di dalam keluarga tidak terjalin komunikasi yang cukup efektif. Kebersamaan dalam keluarga pun tidak ada karena komunikasi hanya sebatas mengucapkan salam dan kemudian asyik dengan kegiatan sendiri-sendiri.

Di dalam kampanye yang bertajuk “Mari Ngeteh, Mari Bicara”, Sariwangi mencoba untuk mengkampanyekan betapa pentingnya komunikasi di dalam sebuah keluarga. Indahnya Kebersamaan dalam keluarga hanya dapat terbangun jika tiap anggota keluarga mengerti dan memahami karakter dan kegiatan masing-masing. Di dalam hal ini, para ibulah yang memegang peranan penting. Sebagai penggerak di dalam rumah tangga, Sariwangi mendukung para ibu untuk melakukan inisiatif agar mereka dapat berkomunikasi efektif dengan para suami dan anak mereka.


Mengkampanyekan waktu minum teh bersama sebagai sarana untuk menciptakan kebersamaan keluarga merupakan salah satu langkah jitu dalam memulai komunikasi, mengingat bahwa di Indonesia, teh merupakan minuman yang mempunyai konotasi menciptakan kebersamaan. Dengan menggunakan waktu minum teh, para anggota keluarga dikumpulkan di dalam satu ruangan, di mana mereka tidak melakukan aktivitas sendiri-sendiri, melainkan aktivitas yang sama, yaitu meminum teh. Dengan suasana yang nyaman dan rileks, diharapkan pembicaraan akan mulai mengalir dan pada akhirnya, tiap anggota keluarga mampu berkomunikasi satu sama lain.

No comments:

Post a Comment