Wednesday, May 27, 2015

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Luka Bakar

Selain mengetahui cara mengatasi luka bakar kita juga perlu tahu apa saja penyebab luka ini agar cara yang ditempuh tepat sasaran. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya luka bakar, hal ini sejalan dengan aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Meskipun api bisa menimbulkan bencana namun keberadaannya juga sangat dibutuhkan untuk kemudahan memenuhi kebutuhan hidup.

Tidak jarang kita menjumpai kasus adanya penderita luka bakar, adapun tips mengatasi luka bakar harus sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahan. Berikut beberapa penyebab luka bakar yang perlu diketahui:

Luka bakar yang disebabkan oleh api, jika semakin lama terjadi kontak dengan api maka luka akan semakin parah dan perlu dirawat di rumah sakit.
Terkena siraman air panas, hal ini sering menimpa ibu rumah tangga yang melakukan kesalahan saat mengangkat air mendidih dari kompor.
Luka bakar yang disebabkan oleh adanya kontak dengan bahan kimia.
Bisa pula disebabkan oleh adanya sengatan arus listrik.

Parah atau tidaknya sebuah luka bakar memang perlu ditangani secepat mungkin, sebab bisa menyebabkan kematian. Luka bakar dengan penyebab yang berbeda akan mendapatkan perlakukan pengobatan yang tidak sama. Jika mendapati luka yang cukup parah sebaiknya segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sehingga cara mengatasi luka bakar yang terjadi sesuai dan tepat begitu pula pemilihan obat yang diberikan.

No comments:

Post a Comment