Monday, June 15, 2015

5 Cara Mencari Pekerjaan

image:dreamstime
Tak dapat dipungkiri bahwa mencari pekerjaan saat ini merupakan hal yang sulit dilakukan bagi sebagian masyarakat mengingat ketersediaan lapangan kerja yang tidak seimbang dengan jumlah para pencari pekerjaan. Hal ini mau tak mau membuat angka pengangguran semakin bertambah. Namun anda tak perlu khawatir, selama anda mau mencari dan berusaha untuk mendapatkan pekerjaan, maka pekerjaan yang anda inginkan pasti bisa didapat. Selama ada niat dan memegang sikap pantang menyerah, tentu saja pekerjaan yang anda harapkan di tengah-tengah minimnya lapangan kerja bukan hal yang mustahil untuk anda dapatkan. Berikut ini 5 cara cari kerja yang bisa anda terapkan mulai sekarang, yaitu:

1. Manfaatkan koneksi keluarga.

Berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan keluarga memberikan banyak manfaat bagi kehidupan anda. Selain mempererat tali persaudaraan, ada juga manfaat lainnya. Anda bisa bertanya dan berkonsultasi dengan saudara yang telah bekerja di suatu perusahaan tertentu. Siapa tahu perusahaan tersebut sedang mencari karyawan baru. Beberapa perusahaan biasanya memberikan kesempatan yang besar pada calon karyawan yang memiliki hubungan keluarga dengan karyawan yang memiliki peran penting dalam perusahaan tersebut sehingga kesempatan andapun lebih terbuka lebar untuk memperoleh pekerjaan baru.

2. Perluas relasi dan komunitas.

Belum memiliki pekerjaan jangan sampai menjadi hambatan bagi anda untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Menjalin relasi dengan berbagai komunitas dapat memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan yang luas. Sebab, anggota komunitas terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang berbeda-beda. Dari situ, anda bisa mendapatkan banyak informasi lowongan dan juga jaringan pekerjaan yang sangat beragam. Semakin aktif relasi yang anda bangun, semakin banyak pula kesempatan kerja yang anda peroleh.

3. Melirik surat kabar.

Surat kabar merupakan salah satu sumber informasi yang sangat bermanfaat. Anda bisa memperoleh banyak informasi mengenai lowongan kerja di berbagai tempat dan perusahaan. Jenis pekerjaan yang ditawarkan pun sangat beragam sehingga anda bisa memilihnya sesuai dengan skill yang anda punya. Informasi lowongan kerja yang ada pada surat kabar biasanya lebih banyak di edisi akhir pekan atau hari sabtu dan minggu daripada hari biasa.

4. Rajin browsing internet.

Mencari pekerjaan melalui internet biasanya lebih up to date dan memberikan banyak pilihan pekerjaan. Beberapa lowongan juga memberikan kesempatan untuk anda mengirimkan surat lamaran dan CV melalui email sehingga prosesnya menjadi lebih mudah. Selain untuk mencari lowongan kerja, beberapa situs di internet juga menyediakan berbagai macam tips seputar pekerjaan yang sangat berguna sebagai bekal anda untuk melamar pekerjaan sehingga pekerjaan yang anda inginkan bisa segera didapat.

5. Manfaatkan sosial media.

Di era modern seperti sekarang, tentu anda memiliki berbagai macam sosial media bukan? Supaya sosial media yang anda miliki lebih bermanfaat, anda bisa membuat postingan atau update status sedang mencari pekerjaan. Dari situ, siapa tahu teman dan kerabat yang ada di sosial media anda melihat dan menawarkan pekerjaan untuk anda. Tapi dalam hal ini, pastikanlah pekerjaan yang ditawarkan berasal dari kerabat yang terpercaya.

Itulah 5 cara yang bisa anda lakukan untuk mencari pekerjaan. Dengan upaya yang maksimal dan usaha yang pantang menyerah, tentu saja pekerjaan yang anda impikan bisa secepatnya didapatkan. Apabila informasi lowongan kerja terbaru yang anda dapatkan sesuai dengan kemampuan anda, maka segeralah membuat surat lamaran dan kirimkan CV anda supaya pekerjaan tersebut bisa segera anda

1 comment:

  1. Alhamdulillah udah beberapa kali kerja, dapat infonya dari relasi dan teman baik. Apalagi kerjanya sesuai passion, serasa ga kerja sama sekali :)

    Btw dapat job review dari jobs.id nih keknya, hehehe

    Salam kenal mbak

    ReplyDelete