Thursday, August 27, 2015

Bau Amis dari Masakan Kerang

Bau Amis dari Masakan Kerang - Di beberapa pantai di Indonesia terdapat banyak sekali kerang-kerang yang hidup, para nelayan mengambilnya untuk sebagian dikonsumsi dan ada pula yang menjualnya untuk menghidupi keluarga mereka. Kerang adalah hewan air yang termasuk hewan bertubuh lunak. Kerang memiliki bau amis yang khas, apabila kita ingin membuang bau amis tersebut, kita bisa menggunakan kunyit, daun jeruk nipis ataupun kita gunakan daun serai untuk membuang bau tersebut.

Sekarang kita akan mengolah masakan dari bahan kerang. Mengolah kerang biasanya dengan cara mengukus kerang tersebut sebelum mengolah berbagai jenis masakan dari bahan kerang.

Sebelumnya kita harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masakan dari bahan kerang ini, diantaranya yaitu kita siapkan jahe, kemudian jeruk nipis, lalu lengkuas, setelah itu garam secukupnya bawang putih, bawang bombay, bawang merah, cabe rawit, daun bawang, gula pasir secukupnya, tomat, jeruk limau. Setelah kita siapkan bahan-bahannya, kita perhatikan langkah-langkah pembuatan masakan dari bahan kerang ini, pertama-tama kita rebus kerang dengan memakai jahe, jeruk nipis, lengkuas, dan garam secukupnya, diusahakan kerang-kerang yang direbus tenggelam dan sampai matang.


Setelah itu kita tumis bawang putih dan bawang Bombay, masak kedua bahan tersebut sampai harum. Kemudian kita masukkan bawang merah, cabe merah, cabe rawit dan daun jeruk sampai bahan-bahan tersebut tercium aroma harum. Setelah itu kita masukkan tomat dan kita aduk sampai tercampur rata dan bahan-bahan tadi tampak layu. Kemudian kita masukkan kerang yang sudah direbus dan kita aduk sampai rata. Lalu kita beri garam dan gula secukupnya, kemudian kita aduk agar semua tercampur dengan merata. Setelah itu kita beri daun bawang dan air jeruk limau kemudian kita aduk hingga matang. Setelah matang kita bisa menghidangkannya hangat- hangat dengan sepiring nasi. Nikmatnya! Pasti anda ingin mencoba untuk membuatnya dirumah masakan kerang ini. Cobalah! Dan rasakan kelezatan kerang bumbu ini.

 Selain itu juga ada resep tumis kerang pedas gurih. Terdapat bahan-bahan yang harus disiapkan, diantaranya yaitu kerang segar, minyak goreng, lengkuas, gula pasir, daun kemangi, jahe, garam secukupnya, serai dan yang terakhir air 2 liter. Selain itu juga ada beberapa bumbu yang harus dihaluskan, diantaranya yaitu terasi goreng, cabai merah, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jahe dan kemiri.

Langkah-langkah pembuatannya yaitu pertama haluskan semua bahan bumbu seperti terasi goreng, cabai merah, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jahe dan kemiri. Kemudian rebus air beserta serai, jahe dan lengkuas. Masukkan kerang lalu masak sampai kerang menjadi matang. Setelah matang maka segera angkat dan tiriskan, kemudian masukkan kerang dan air, lalu masak sampai menjadi matang. Setelah matang, masukkan daun kemangi, aduk sampai rata dan segera amgkat untuk menghindari bau amis dari masakan kerang. Resep kerang tumis ini sudah siap dihidangkan. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment