Friday, August 7, 2015

Gerakan Senam Hamil

Ada banyak sekali gerakan senam ibu hamil yang bisa anda pelajari disini. Seperti yang kita ketahui, wanita hamil tidak bisa melakukan banyak hal selama masa kehamilannya. Namun meskipun demikian mereka juga disarankan untuk melakukan beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat membantu menjaga kesehatannya. Selain menjaga kesehatan wanita tersebut, beberapa gerakan senam hamil ini memiliki manfaat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam rahimnya.

Pada umumnya gerakan senam hamil terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tahapan usia kehamilannya. Mulai dari senam hamil pada trimester pertama hingga senam hamil pada trimester terakhir. Perbedaan gerakan tersebut tentu saja sangat wajar mengingat hal ini tentu saja disesuaikan dengan perkembangan janin yang ada dalam kandungannya. Disini saya akan menjelaskan beberapa gerakan senam hamil yang tentunya dapat bermanfaat untuk anda.

Gerakan senam hamil yang pertama bisa anda lakukan adalah gerakan sujud dengan kedua tangan diselunjurkan ke depan. Dengan posisi tangan yang diselunjurkan ke depan maka posisi kepala juga akan menempel di lantai sehingga posisi pinggul dan pantat akan jauh lebih tinggi dari bagian atas tubuh. Gerakan ini baik dilakukan setiap hari minimal 15 menit dalam sehari terutama untuk usia kandungan 9 bulan untuk memperlancar persalinan.

Gerakan senam ibu hamil lainnya adalah gerakan yang dilakukan sambil duduk dengan posisi kaki dilipat atau disebut juga dengan duduk sila.
Ketika melakukan gerakan ini posisi badan harus benar-benar tegak sehingga manfaatnya bisa dirasakan. Manfaat utama dari gerakan senam hamil yang satu ini adalah memperlancar pernafasan wanita hamil terutama sampai proses persalinan nanti. Agar proses persalinan anda berjalan dengan lancar anda bisa melakukan kedua gerakan ini dengan saran dari ahli kandungan.  

No comments:

Post a Comment