Wednesday, August 26, 2015

Jangan Sampai Salah Fasilitas

Sudah berapa kali saya menulis, bahwa menjadi orang tua itu tidak mudah. Bagaimana anak nanti, tergantung cara orang tua mendidik, berperilaku, meneladani dan memberikan fasilitas. Mungkin kita sudah tidak asing melihat anak-anak kecil sekarang sudah pandai naik motor dan motornya itu motor keluaran terbaru. Menurut saya, meskipun orang tuanya kaya, sangat tidak bijak memberikan anak sebuah motor kemudian ia bawa sendiri. Alasannya tentu saja, mereka belum mengerti apa manfaat motor sebenarnya, belum tahu mana baik dan buruk.

Kebanyakan dari mereka, menggunakan motor untuk lalu lalang bersama teman-temannya. Saling ngetrack dan adu pacu, dimana baiknya? Sama sekali tidak ada.
Selain itu, pembawaan motor oleh anak-anak juga bisa membahayakan mereka. Bayangkan saja, orang dewasa saja, naik motor harus punya SIM, dan membuat SIM banyak sekali yang harus dipahami.

Bukan hanya motor, fasilitas-fasilitas yang lain yang menurut saya mubazir adalah, memberikan anak sesuatu yang sama sekali tidak mendukung tumbuh kembangnya serta tidak sesuai dengan umurnya.

Godaan sudah banyak sekali, apalagi orang tua yang memiliki hiburan televisi dirumahnya, dua kali lipat harus ekstra menjaga. Jangan sampai, kita salah memfasilitasi anak yang justru bisa membunuh kreatifitasnya karena kecanggihan jaman. Mungkin, itu saja :D

No comments:

Post a Comment