Wednesday, September 23, 2015

Tips Mengemudi untuk Anda yang Ingin Berkendara Jauh


Berencana melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil pribadi? Kenyamanan dan keamanan berkendara sangatlah penting, terlebih bagi Anda yang ingin mengemudi dalam perjalanan jarak jauh. Sebelum Anda melakukan keberangkatan, ada baiknya melakukan beberapa tips di bawah ini!

Istirahat yang Cukup

Sebelum mengemudi jarak jauh, pastikan diri Anda telah beristirahat dengan cukup. Mengemudi dalam keadaan capek, ngantuk dan lemas dapat mempengaruhi konsentrasi, terutama saat melihat ke jalan raya. Miliki istirahat yang cukup dengan jam tidur yang dianjurkan selama 7-8 jam.

Selain itu, jangan lupa untuk menghindari konsumsi suplemen atau minuman yang menyebabkan rasa kantuk, akan lebih baik jika anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehat seperti buah-buahan. Jika Anda sudah merasa sehat dan layak untuk perjalanan jauh, maka perjalanan dapat Anda mulai.

Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum memulai perjalanan, periksa pula kondisi kendaraan. Mulai dari bagian luar sampai mesin, mulai dari oli, rem, air radiator hingga tekanan ban. Ada baiknya Anda melakukan service kendaraan sebelum bepergian, untuk memastikan kendaraan Anda layak digunakan dalam perjalanan panjang. Selain itu, hindari pula muatan berlebihan, dalam artian tidak sesuai dengan kapasitas mobil yang digunakan.

Tentukan Posisi Duduk yang Nyaman

Pastikan pula posisi duduk mengemudi telah membuat Anda nyaman saat berkendara. Anda dapat mengubah posisi kursi, sandaran kepala atau punggung hingga nyaman, serta mengubah posisi spion agar Anda dapat melihat bagian samping kiri, kanan dan belakang.

Sementara untuk setir kemudi, Anda dapat menempatkan tangan kiri pada jarum jam 9 dan tangan kanan pada posisi jarum jam 10, dengan kedua ibu jari tidak melingkar pada setir kemudi, melainkan pada posisi tegak.

Perhatikan Kondisi di Sekitar Mobil

Mengemudi yang benar adalah memperhatikan kondisi di sekitar mobil. Anda dapat mengatur pengereman dengan tidak melakukan rem mendadak, serta menjaga jarak ideal dengan kendaraan yang berada di depan Anda.

Dilansir dari Mobil123.com, jarak ideal dengan kendaraan di depan Anda adalah minimal 3 detik. Mengapa menggunakan rumus waktu dan bukan jarak? Karena agar bisa disesuaikan dengan kecepatan kendaraan Anda.

Kemudian, Saat ingin berpindah jalur, nyalakan lampu sein dan perhatikan dulu kendaraan lain di sekitar, lalu menoleh sesaat ke arah lajur yang akan diambil, agar dapat menghindari blind spot dari kaca spion.

Pastikan Rute Perjalanan

Jika Anda belum pernah mengemudi ke sebuah tujuan, ada baiknya untuk memastikan rute mana saja yang akan dilalui. Anda dapat melakukan survey kecil-kecilan, seperti membuka GPS, sehingga mengetahui jalur alternatif lainnya.

Selain itu, ada baiknya memilih jalur yang memiliki fasilitas memadai, seperti adanya kantor polisi, bengkel atau tempat pengisian bensin. Jika terpaksa melalui jalan yang tidak diketahui kondisinya, maka usahakan bahwa bahan bakar di dalam tangki mobil memiliki kapasitas yang cukup.

Siapkan Perlengkapan Darurat

Selain makanan dan minuman yang sebaiknya Anda bawa di dalam kendaraan, peralatan darurat untuk mobil pun sebaiknya Anda siapkan, agar dapat mengantisipasi saat mengalami masalah di tengah jalan. Untuk itu, siapkan peralatan seperti senter, kunci roda dan dongkrak.

Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Selain beberapa tips teknis di atas, menjaga tubuh tetap terhidrasi selama perjalanan juga penting. Konsumsi asupan cairan yang cukup dapat menjaga stamina selama berkendara. Siapkan beberapa stok air mineral atau minuman segar lainnya di dalam mobil agar Anda tak perlu sesekali berhenti selama perjalanan.

Istirahat Sebelum Memulai Perjalanan Kembali

Tips terakhir adalah beristirahat. Anda sebaiknya tidak memaksakan diri ketika merasa badan sudah lelah atau mengantuk saat mengemudi. Carilah rest area terdekat dan buat tubuh Anda sampai merasa rileks dan segar kembali.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan saat berkendara jarak jauh. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment