Friday, November 13, 2015

Belajar Menahan Diri

Tidak semua orang bisa menahan diri terlebih dari hal-hal yang membuat dirinya "asik" terjerumus dalam sesuatu. Dan hal-hal tersebut adalah hal yang paling sering menjadi kelemahan wanita. Salah satunya mungkin, bergosip, mendengarkan gosip, membuat gosip bahkan ikut andil dalam sebuah percakapan gosip. Siapa kira, ternyata gosip sudah menjadi barang biasa, terlebih jika dirumah mereka ada televisi. Pagi bagung tidur, mau sarapan, mau berangkat kerja, baru nyampe kantor, baru mau kerja, sedang ada kerjaan, lagi ngerjain kerjaan sampai kerjaan udah mau kelar dan kembali pulang kerumah, saya yakin acara televisi ada gosipnya.

Banyak dari kita yang gak bisa menahan diri dari hal-hal tersebut, apalagi, kalau sudah dikejar rasa penasaran dan ingin tahu. Pendukung-pendukung itu akhirnya membawa kita menjadi orang yang gak bisa menahan diri.


Selain bergosip, wanita juga sering tidak bisa menahan diri tentang belanjaan, terlebih kalau ada diskon dan voucer belanja. Awalnya saya gak begitu minat dengan acara ini, tapi karena ada toko online baru yang sering ngasih diskon dan voucer, jadinya saya juga harus belajar menahan diri dari godaan belanja :)).

Bahayanya dari ketidakbisaan menahan diri adalah, kita akan merasa hal-hal yang tak biasa dan tak seharusnya dilakukan menjadi sebuah kebiasaan yang wajar dan umum dilakukan. Kalau sudah begini, menyesali hal-hal baik yang dulu tertanam dalam diri kemudian karena tidak bisa menahan diri jadi berantakan, hanya itu yang bisa dilakukan.

Satu lagi, menahan diri dari godaan uang yang datang dengan ketidak jelasan sumbernya juga sulit dilakukan, apalagi ingin bebas dari riba, godaannya banyak... banget :D.

1 comment: