Wednesday, December 23, 2015

Cara Mudah Mencegah Diare Anak

Diare merupakan penyakit yang mungkin telah dialami setiap orang, penyakit diare ini memang tergolong bukan penyakit berbahaya, namun apabila tidak ditangani dengan segera penyakit diare ini dapat menjadi fatal terutama diare anak. Penyebab umum pada diare ini adalah infeksi di usus yang dapat disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit. Proses penyembuhan diare pada umumnya akan terjadi dengan sendirinya dan tanpa membutuhkan perawatan. Namun, anda harus selalu siap tanggap apabila terjadi diare pada anak. Anak dikatakan terserang diare, apabila dalam sehari anak buang air besar yang berbentuk cairan dengan frekuensi waktu 3 kali lebih dalam sehari. Apabila anak sering buang air besar dengan kondisi seperti itu, maka penyakit diare yang diderita juga semakin parah.

Hal yang perlu anda lakukan dalam menanggapi diare anak adalah dengan memperhatikan hal yang diperlukan anak saat diare. Seorang anak yang terserang diare membutuhkan asupan air minum dalam jumlah banyak untuk menggantikan cairan yang hilang saat anak buang air yang bertujuan untuk menghindari dehidrasi. Selain itu anda juga dapat memberikan cairan oralit bagi anak anda untuk menghentikan diare pada anak. Cairan oralit ini dapat berbentuk obat ataupun dapat dibuat sendiri dirumah. Cairan oralit merupakan air hangat dan larutan garam. Apabila cara ini masih belum menyembuhkan diare pada anak, maka anda perlu segera memeriksa kondisi anak ke dokter.

Diare pada anak lebih baik dicegah sebelum terjadi. Walaupun tergolong bukan penyakit berbahaya, namun dengan mencegah maka anda juga akan menghindari anak dari bahaya diare. Pencegahan diare ini dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat bagi anak melalui mencuci tangan menggunakan sabun kesehatan setiap hari sebelum makan. Seperti yang diketahui bahwa salah satu penyebab diare adalah kuman penyebab penyakit yang bis masuk ke dalam saluran pencernaan melalui makanan yang kita konsumsi. Lifebuoy menjadi sabun kesehatan yang efektif dalam mecegah diare anak yang dapat anda gunakan sebagai langkah sehat mencuci tangan.

No comments:

Post a Comment