Thursday, January 14, 2016

Martabak Manis, Cara, Bahan, dan Tips Membuatnya

Membuat kue, sebenarnya bukan hobi saya banget. Alasannya banyak, dari gak bisa bikin, gak punya alat, malas cuci piring dan sakit ati kalau pas gagal haha. Tapi, membuat kue dalam 2 minggu terakhir bukan sebuah kemalasan yang harus saya turutin. Malah saya bela-belain beli pengaduk kue demi memudahkan saya dalam pembuatannya.

Martabak manis, yang akhirnya mulai gak manis lagi karena jadi bahan percobaan pertama saya membuat kue. Kenapa dia? Karena saya seneng banget sama jajanan satu ini. Apalagi yang rasa keju hmm.. nyam nyam. Awal-awal saya ikut-ikutan temen Liqo' saya dulu di Bali karena memajang foto martabak manisnya di FB. Saya lihat resepnya gampang banget dan bisa kebeli lah sama saya. Selain itu, saya baca cara bikinnya juga gampang. Udah bahan murah kemudian bikinnya gak pake alat-alat tertentu yang saya belum punya. Jadinya, saya coba ;).

Kebodohan-kebodohan saya dalam dunia perkuean ternyata banyak haha.

Pasta pandan

Saya hampir gak ngerti, apaan sih pasta pandan itu, ternyataaa.. Pengharum dan pewarna makanan kayak vanili to haha.

Baking Soda

Ini apa lagi, saya gak paham gunanya untuk apa. Mendadak aja Mas Joo-ku sayang mencari informasi di internet. Eh.. kayaknya si Emas memang ngedukung saya buat bikin kue lo.. buktinya, ditanya terus pas dulu sebelum bikin, Akhirnya.. dia sendiri yang menanggung akibatnya, jadi korban kue bantat beberapa kali dan parahnya dibilang enak wkwkwkw. Oh ya.. sempet berdebat juga, antara baking sda sama baking powder, ternyata mereka gak sama tapi fungsinya sama. Soalnya saya pas beli bahan ini di toko penjual bahan kue, saya bilang baking soda dikasihnya baking powder. Ah.. woles aja haha.

Ya.. kedua bahan inti itu saya baru nggeh saat beli dan bikin kue ini, pengalaman kann.. :p.

Dari bahan yang saya dapat yaitu hal-hal yang sudah saya punya kecuali 2 barang diatas, diantaranya:

  • Tepung terigu
  • Telur
  • Gula
  • Garam
  • Susu (apapun bentuknya) Sempet mikir juga, banyak resep yang nyaranin pake susu dengan macam-macam model. Apapun itu, yang penting susu, dipake aja haha.
  • Baking Powder
  • Vanili/pasta pandan/gak pake juga bisa aja tuh
Untuk toppingnya, terserah mau pake keju, kacang, coklat dll.

Dari beberapa kali saya buat, ada beberapa hal yang saya pelajari. Selain itu, melihat video-video dan resep tertulis, membuat saya juga semakin belajar. Makanya, sekarang saya mau bagi tips bikin martabak manis ini, siapa tau bermanfaat.

Pertama, Takar sendiri

Apapun itu, meskipun kamu awam dan gak pernah bikin, resep yang orang-orang kasih di internet itu kadang ngawur. Pembuatan pertama, saya buat martabak ini rasanya nyaris seperti makan gula. Kemanisan pake buangett! Disitu saya belajar mengatur berapa banyak gula yang saya inginkan. Jadi.. Bagi kamu yang sudah pandai mengira-ngira, jangan ikutin resep, ikutin aja tanganmu mau ambil seberapa. Misalnya kalau kita masukin 1 gelas tepung terigu, jangan sampe dikasih gula 5 sendok makan. Dikira-kira aja, paling gak 1-2 sendok makan sudah kemanisan.

Kedua, Mengaduk

Mengaduk yang benar juga gak dishare di internet. Awalnya, saya mengikuti resep yang semua bahan kering dicampur dulu kemudian masukin telur dan air. Ternyata cara ini membuat saya capek haha. Soalnya hasil akhirnya lama, dan masih bergerindil tepung-tepung yang gak bisa hancur dan tercampur dengan baik. Kemudian saya cari video youtube, hal yang paling mudah adalah mencampur gula dan telur terlebih dahulu sampai hancur kemudian dilanjutkan dengan memasukkan terigu dan air. Itu yang membuat saya sedikit senang hehe.

Ketiga, Jangan terlalu encer

Kalau gak salah, 3 kali saya gagal dengan kasus keenceran dan akhirnya martabak manis saya bantat jaya haha. Saya kira masalah baking powdernya kurang, ternyata keenceran. Pertama saya ikutin resep, martabak manis saya kekerasan karena kurang air, dan hal ini baru saya sadari saat gagal yang kesekian kalinya.

Yang jelas, proses gagal akan membuat kita belajar bagaimana akan menjadi lebih baik jika kita punya niat untuk itu. Mungkin hanya itu sih :D.

4 comments:

  1. alat bikinnya pake apa jeung? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teflon aja, aku pake yang 22 cm :D

      Delete
  2. kalau di gunungpati namanya kue terang bulan.
    dahulu, isinya cuma kacang tanah dan colat meses.
    nah kan jadi inget aromanya...
    ini malah meluber ke aromah martabak jaman masih SD...

    nanti njajal minta istri buatin ah
    *brb beli martabak

    ReplyDelete
  3. sepertinya gampang..tapi prakteknya susah hihihi
    milih tinggal makan saja :D

    ReplyDelete