Friday, February 5, 2016

Mau Cepat Kerja? Masuk Diploma Saja!

Melanjutkan kuliah tidak hanya harus menuju jenjang Strata 1 alias S1 saja. Jika Anda merupakan lulusan SMK, atau lulusan SMA yang ingin mempunyai bekal skill kerja yang nyata untuk lapangan, maka jenjang Diploma adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan. Jenjang studi vokasional ini akan memberikan Anda lebih banyak kemampuan bekerja sesuai dengan fokus jurusan Anda. Ada banyak universitas yang menawarkan program ini, dan salah satunya adalah IPB (Institut Pertanian Bogor).


Jika bertanya-tanya, kenapa memilih Diploma dan bukan langsung menuju Strata 1 saja, jangan kecil hati dulu. Meski ada banyak yang memandang sebelah mata pada lulusan dengan gelar Diploma, namun Anda akan mendapatkan manfaat berikut ini:


1. Skill Kerja

Para lulusan dari Diploma, terutama Diploma III, mempunyai keahlian dalam bekerja yang sangat mumpuni. Hal ini tak terlepas dari beban kuliah DIII yang lebih menekankan praktek ketimbang teori, dengan presentase 60% untuk praktek, dan 40% teori. Ini membuat Anda mempunyai bekal hardskill dan softskill lengkap yang sudah teruji di lapangan.

2. Waktu Kuliah Singkat

Untuk menempuh jenjang Diploma, Anda tidak memerlukan waktu 4 sampai 5 tahun seperti Strata 1.Ccukup menempuh maksimal 3 tahun saja, Anda sudah bisa bekerja.

3. Jadwal Kuliah Lebih Longgar

Beban kuliah juga lebih longgar, meski ini sebenarnya untuk memberikan tempat bagi praktek, sehingga Anda mendapatkan kerja lapangan nyata, sekaligus waktu untuk diri sendiri.

Program untuk Diploma sendiri pun beragam jenisnya. Di Insititut Pertanian Bogor misalnya, Anda bisa memilih dari jurusan-jurusan seperti:
  • · Ekowisata.
  • · Supervisor Jaminan Mutu Pangan.
  • · Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya.
  • · Teknik Komputer dan Jaringan.
  • · Perkebunan Kelapa Sawit.
  • · Paramedik Veteriner.
  • · Manajemen Agribisnis.
Masih banyak lagi jurusan bagi Diploma yang ditawarkan agar memilih IPB (Institut Pertanian Bogor), yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat. Anda bisa menempuh program-program tersebut hanya dalam 6 semester saja, atau 3 tahun. Di sana, Anda akan dibekali dengan berbagai skill yang membuat Anda siap kerja begitu lulus, atau membuka usaha Anda sendiri.

No comments:

Post a Comment