Wednesday, March 16, 2016

1001 Cara Blogger Memilih Informasi dan Referensi

Setiap kali browsing, hal yang saya perhatikan dari sebuah website atau blog adalah tampilan yang menjadi dasar blog tersebut. Saya lebih menyukai blog yang simple, loading cepet dan buat mata nyaman. Selain itu, navigasi yang tidak membingungkan dan tentunya, isi dari blog itu sendiri hehe.

Namun, memang, pandangan seorang blogger dengan pencari informasi biasa berbeda adanya. Jika -sebut saja orang awam- mencari informasi dari google, hal pertama dan urutan paling ataslah yang akan mereka baca dan percayai. Tapi untuk ukuran blogger, mereka pasti akan memilih blog atau website mana yang pantas untuk di baca dan dijadikan referensi masalahnya, ya kan?

Beruntung sekali saya mengenal blog dan masih setia hingga saat ini, karena  dunia ini mengenalkan saya kepada teman-teman yang sangat hebat. Bahkan diantara mereka, saya memiliki teman akrab sampai sekarang. Yang lebih WOW lagi, saya ketemu dengan suami juga melalui dunia blog, Subhanallah ya...

Saya sendiri, lebih senang membaca artikel yang berdasarkan pengalaman penulis dari pada artikel yang nongkrong di page one google lho.. Tentu saja ada banyak alasan yang mendasarinya.

Lebih bisa dipercaya

Pengalaman gak akan bisa dibohongi, mereka memberikan bukti. Kebanyakan informasi yang ada di page pertama google bukan mereka yang memiliki pengalaman sendiri. Kecuali situs-situs yang bisa dipercaya ya.. Page One google dikuasai oleh mereka yang sudah pandai SEO dan ilmu menakhlukkan google lainnya hehe. Bisa dilihat lo dari cara penulisannya ;).

Artikel lebih alami dan tidak membosankan

Artikel yang ditulis oleh mereka berdasarkan pengalaman jauh dari kata SEO Friendly. Artikel seo friendly biasanya lebih tertata dan peletakan keyword juga bisa dilihat. Makanya, artikel seperti ini jarang muncul di halaman awal google. Sebenarnya, ada cara lain sih biar bisa nulis artikel seo friendly tapi gak membosankan,  bisa menggunakan LSI dalam artikel salah satunya.

Dan.. Kriteria diatas barusan saya dapatkan dari salah satu sahabat blogger saya yang baru yaitu mbak Mutia Elisa Karamoy atau yang sering dipanggil dengan mbak Mutia dengan rumah mayanya di www.elisakaramoy.com. Blogger yang tinggal di Tangerang ini memiliki blog yang menurut saya sangat sederhana sekali. Sasya bisa lihat dari templatenya yang masih asli dari google. Saya sendiri beberapa kali mencoba pakai template asli bawaan blogger tapi selalu gagal. Saya gak bisa memodifikasi template tersebut sesuai keinginan saya haha.

Simple, sederhana dan original :D. Saya gak tau, Mbak Mutia memang gak suka yang ribet atau belum tahu kalau ada banyak template keren diluar sana. Ataukah, mbak Mutia gak mau ribet dengan ngurusin template aja. Yang saya tahu, dari postingan paling atas yang lumayan panjang di kali lebar, blog mbak Mutia memberikan edukasi buat saya tentang parenting, terutama ngurusin anak cowok :D.

Catatan

Mbak Mutia, sepertinya kita harus memperbesar font di bagian postingan deh. Ternyata membaca dengan font kecil itu sedikit menyakitkan. Langsung Cus mau gedein font blog ini :D.

Kalau mbak mau mencoba gedein ini saya bantuin intip ya..

Masuk ke edit HTML Templatenya, tepatnya di line  213, dengan kode ini

14px Arial,Tahoma,Helvetica,FreeSans,sans-serif

Nah, 14px itu diganti sama 16px.  Ini saya perlihatkan previewnya:

Sebelum diganti, 14px

Setelah diganti jadi 16px, lebih besar dan jelas :D

Ah itu mudah bukan, pasti mbak juga udah bisa gantinya kalau mau digedein sih eheh. Salam kenal Mbak Mutia, semoga kita bisa saling berkunjung ya.. saya akan melihat postingan mbak yang lainnya nanti, InsyaAllah.. ;)

22 comments:

  1. LSI itu apa Mbak Inuel? Aku masih belum paham cara memakai inspect halaman. Fungsinya apa dan bisa nggak merubah template kita secara permanen tanpa harus login melalui blogger?

    ReplyDelete
    Replies
    1. LSI = Latent Semantic Indexing, jadi kalau kita punya keyword gitu bisa di jabarin, atau yang menyangkut keyword tersebut. Bikin artikel jadi lebih bagus dan unik -menurut saya-, Untuk inspect halaman, fungsinya kalau saya pakai selama ini buat liat komponen yang pengen saya tahu, kayak font, terus warna dan disana kita udah dikasih tau ada di line berapa. Saya kira bisa buat yang lain fungsinya mungkin lebih banyak. Gak bisa mbak Rani, kita harus ngrubah di template kita, Inspect cuma buat preview aja, jadi ya.. kudu login dulu ehehe..

      Delete
    2. masih blebeb soal technical seperti ini... padahal kl mau jadi blogger ya mesti mengerti hal2 seperti ini juga yah

      Delete
  2. Eh arisannya udah mulai lagi yah?
    Kelompokku belum, hihihii.
    Aku meski nulis tentang curhat-curhat lebih suka mencoba menerapkan SEO, seperti pakai h2. Dan efeknya tulisanku yg tentang bakmi mewah bisa ada di page one Google. Banyak banget yang nyari, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lo.. Muantep, barusan tak cek, page oneeee.... haha.. ajarinnnn ajarinnn.. iya kita kan 2 minggu sekali, bukannya begitu :p.

      Delete
  3. aku jg kepikiran mau bilang font di blog-nya Lisa Karamoy jangan terlalu kecil... Cepet banget nih ulasannya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nulisnya sejak kemaren haha.. biar rajin, suka suka suka ngeblog, Tunggu keadiranku ya mbak Ria.. Mbak juga rajinnyaa BW #malu

      Delete
  4. Eh ternyata, font saya lebih kecil dari blognya mbak Mutia, haduhhh..ini gara-gara kemaren saya pake laptopnya kecil haha.. ternyata kalau dilihat lagi pakai laptop normal, fontnya lebih kecil punya saya haha.. Maafkeun..

    ReplyDelete
  5. Saya pake hape mbak...kalo kurang gede tinggal dijembrengin hehehe

    ReplyDelete
  6. kalau di minati dengan hati ngeblog memang lebih dari sekedar hoby, ya malah bisa jadi nafkah utama..

    ReplyDelete
  7. Baru2 ini nerapin seo, itu pun yg basic pake banget wkwkwk. Tampilan blog emang jadi catatan tersendiri juga ya, males banget kan kalo lagi enak2 BW eh pernak2nya bikin males buat balik lg hihihi.

    ReplyDelete
  8. waaah kerennya mbak Husnul gape ngoprek2 kode HTML sampe segitunya.Kalo aku udah angkat tangan semua *pusing pala barbie ^_^ wkkki

    ReplyDelete
  9. Blognya mbak Elisa sederhana tapi jago SEO-nya.
    Soal font kecil, iya, baru ingat kalo font di blog saya juga kecil. ikut ganti ah. TFS ya

    ReplyDelete
  10. Kalau ganti font di pc apa ngaruh ke yg baca lewat HP mba?

    ReplyDelete
  11. Font blog saya masih kecil banget neh, krn baru di renovasi msh harus benahin satu-satu. Mata ngak asik baca font kecil yak hehhe

    ReplyDelete
  12. Saya juga kalau cari resep atau artikel jarang buka yang ada di page one google kecuali seperti cookpad. Mending dibelain buka beberapa page ke belakang daripada baca artikel dari situs nggak jelas dengan tulisan adaptasi sana sini :D

    ReplyDelete
  13. Dulu saya buta samsek soal teknikal gitu, pokoke kerjaan ku yo cuma nulis sama nambahin ilustrasi trus upload, tp begitu dikasi tau suami betapa pentingya SEO dkk, jadi mulai perhatiin perintilannya, tp tetep aja klo saya kelewat ini itu, suami yg benerin. hehe :D

    ReplyDelete
  14. Wah..belajar banyak dr mbak Husnul..informatif banget..Semoga bisa mengaplikasikannya di blogku..

    ReplyDelete
  15. Makasi tips nya mba..punyaku kekecilan ga ya font nya hehe

    ReplyDelete
  16. wkwkwk...maaf baru mampir, makasih banyak udah di ulas jadi tahu sisi-sisi yang selama ini ngak pernah terpikir atau mungkin males dipikirin huahahah. Sekali lagi makasih banyak mbak atas ulasannya.

    ReplyDelete
  17. Bisa juga kita menuliskan blog sesuai pengalaman kemudian untuk strategi SEO nya bisa pakai keyword yang dibidik pada judul artikel dan menggunakan tag. Selain itu menggunakan alt tag pada gambar yang digunakan juga dapat mendukung optimasi SEO nya.

    ReplyDelete