Monday, March 14, 2016

Apa Itu Investasi Infrastruktur

Yang dimaksud dengan investasi infrastruktur  adalah investasi yang dilakukan terhadap salah satu infrastruktur tertentu. Seperti diketahui bersama Indonesia saat ini tengah gencar melakukan berbagai macam pengembangan infrastruktur guna menunjang percepatan pembangunan negara ini. Berbeda- dengan beberapa tahun ke belakang dimana negara ini hanya mengandalkan pemerintah untuk dapat membuat sebuah infrastruktur tetrentu, namun kini hal itu tidak terjadi lagi. Saat ini pemerintah telah membuat dan menyetujui adanya lembaga pembiayaan infrastruktur yang akan memberikan bantuan dana utnuk membangun sebuah infrastruktur tertentu, yang telah disetujui oleh kementrian keuangan. Lembaga tersebut juga dapat melakukan pembinaan dan melakukan investasi terhadap beberapa macam pengembangan infrastruktur tertentu.

Pembiayaan infrastruktur

Saat ini ada banyak sekali proyek yang tengah dibangun pemerintah di berbagai daerah guna memperbaiki dan juga memfasilitasi berbagai macam infrastruktur yang ada. Semua proyek pembangunan ini tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jika hanya mengandalkan dana dari pemerintah atau anggaran dana dari pemerintan tentu saja hal itu akan sulit, hasilnya pembangunan pun akan tersendat. Dengan adanya lembaga yang ditunjuk tentunya berbagai macam proyek pembangunan akan dapat dibiayai dengan baik.

Dengan adanya lembaga pembiayaan tersebut tentunya akan sangat membantu meningkatkan berbagai macam sarana dan prasarana di suatu tempat. Ini juga akan membuat percepatan pembangunan di suatu tempat menjadi mudah dan juga cepat. Ada banyak sekali proyek pembangunan infrastruktur yang biasanya didanai oleh lembaga ini, seperti proyek pengembangan jaringan telekomunikasi, pembangunan jalan, mengembangan system transportasi, pembuatan irigasi, pembangunan ketenaga listrikan, pembanguna proyek minyak dan gas bumi dan berbagai pembangunan  infrastruktur lainnya.

Pembiayaan dan investasi

Selain membantu dan mendanai berbagai macam infrastruktur untuk percepatan perekonomian Indonesia, lembaga seperti ini juga turut berperan untuk pendanaan dan juga proyek investasi. Adapun yang dimaksud dengan investasi ini proyek pendanaan yang ada hubungannya dengan system investasi atau juga pembiayaan talangan. Adapun beberapa produk yang biasanya menggunakan jasa ini adalah proyek investasi berjangka, mezzanine loan, take out financing, promoter financing, pembiayaan talangan, dan investasi penyertaan modal.

Manfaat melakukan investasi infrastruktur

Ada beberapa manfaat yang akan didapat ketika melakukan investasi infrastruktur ini seperti, mendapatkan dana pembiayaan yang relative lebih cepat, dan proses pendanaan mudah. Yang lebih penting adalah tidak hanya infrastruktur yang berhubungan dengan pembangunan saja yang akan didanai, tetapi beberapa fasilitas yang berhubungan dengan perekonomian juga dapat didanai dengan mudah.

Pendanaan yang berhubungan dengan perekonomian seperti ini juga secara tidak langsung akan mempercepat pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Proyek investasi di bidang infrastruktur ini sebetulnya sudah digunakan di beberapa negara maju, hanya Indonesia saja yang terbilang terlambat untuk melakukan proyek seperti ini. Dengan adanya lembaga yang berorientasi pada investasi infrastruktur seperti ini pastinya akan sangat membantu perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment