Wednesday, March 30, 2016

Resep dan Cara Membuat Bakpao Empuk

Bakpao yang sudah diisi dengan ayam dan selai nanas dan siap dikukus
Yahh.. begitulah ceritanya, beberapa hari lalu begadang karena memenuhi keinginan suami untuk membawa beberapa bakpao buatan saya sebagai bekalnya terbang ke Kalimantan Timur. Sebenarnya, acara bikin bakpao ini sudah terjadi yang keempat kalinya. Pengalaman pertama bikin bakpao dengan resep dari google random, akhirnya saya menemukan juga resep yang benar-benar rasanya seperti bakpao.

Resep pertama membuat Bakpao

Awalnya sih mencoba, berhubung saya gak punya salah satu bahan dan menggunakan bahan yang ada saja, jadinya pembuatan bakpao pertama saya dengan resep yang juga alakadarnya. Membuat bakpao pertama buatan saya ini keras, bantat, dan bau ragi instan yang sepertinya nggak blend sama tepungnya. Akhirnya.. ya sudah, berhubung pengalaman pertama membuat bakpao, dimaklumi.. Akhirnya, suami dan Kinza yang jadi Korban haha..

Resep membuat Bakpao episode dua

Diepisode kedua ini, lumayan lah,.. jauh lebih baik sedikit dari sebelumnya. Hanya saya, adonan bakpaonya masih sedikit bantat dan porinya kurang besar. Hal tersebut dikarenakan, resep membuat bakpao yang kedua ini, sama seperti sebelumnya, yaitu dicampur semua adonan dan saya masih mencium bau ragi instan disana.  Setelah tau jadinya bakal seperti ini akhirnya membuat saya belajar kembali Cara membuat pakpao yang enak dan empuk.
Bakpao yang sedang dikukus


Cara Membuat Bakpao Enak episode tiga

Kali ini, acara membuat bakpao saya tergolong sukses kamar VIP :D. Pasalnya, saya mencoba yang terbaik agar bagaimana caranya kue saya ini bisa disukain Kinza dan Abinya. Ya... Maklumlah, gak usah jauh-jauh dulu, apalagi saya adalah orang dari golongan yang enggan membuat kue. Lebih tepatnya, enggan mencuci peralatan saat usai memasak haha. Kali ini, bakpao buatan saya, mengembang dengan sempurna, gak bau ragi instan lagi, gak bantat dan rasanyanya pas. Perpaduan gula, susu, garam sudah sangat pas meskipun saya tidak menggunakan takaran sesuai resep bakpao yang tertulis. Ya.. dikira-kira saja sih, kalau gak suka manis, dan kalau tepung 1kg berapa banyak garamnya biar keasinan. Kalau udah biasa masak, InsyaAllah agak pahamlah dikit sama filing kepercayaan ini :D.

Bakpao Ayam
Bakpao Nanas ;)

Bakpao Episode Empat yang Empuk punya

Di episode keempat ini, saya membuat bakpao dengan menggunkan tepung terigu cakra kembar nyaris 1 kg. Ini nih saya bagi caranya dan bahan membuat bakpao yang empuk, sudah terbukti lo.. jadi gak cuma nyari resep asal-asalan aja :D, cekidot ya....

 Bahan membuat bakpao enak dan empuk:

- 800gr Tepung terigu cakra kembar 
- 2,5 Sendok teh Ragi instan
- 3 Sendok makan gula, bisa ditambah kalo suka manis
- 2 Sachet susu kental manis putih
- 3 Sendok makan mentega putih
- 1 sendok es krim kecil garam, dikira-kira saja :)
- 1 Sendok teh Baking powder

Cara membuat bakpao:
Adonan 1: Adonan pertama, campur ragi instan dengan air hangat suam-suam kuku sebanyak 200ml. Kemudian masukkan sepertiga dari tepung terigu yang ada. Diamkan selama 15 menit.

Adonan roti bakpao: Campur semua bahan yang tersisa menjadi satu, aduk rata dengan menambahkan air 150ml. Kemudian jangan lupa masukkan adonan pertama yang sudah kita buat tadi, aduk hingga kalis dan tercampur rata sempurna.

Diamkan selama kurang lebih 1 jam, lihat saja adonan mengembang sampai 2 kali lipat, kalau sudah bentuk bulat-bulat kemudian kasih isi, dan diamkan selama 10 menit. Setelah mengembang sedikit, kukus dengan api sedang dan tutup pengukus yang sudah dibungkus dengan kain agar uap tidak jatuh ke bakpao.

Selesai ;)
Adonan bakpao

Setelah saya pelajari, pengalaman saya membuat Bakpao di episode pertama dan kedua memiliki beberapa persamaan, diantaranya:

- Saya menggunakan tepung kunci biru
- Mencampur semua bahan langsung secara bersamaan
- Kurang lama mendiamkan adonan yang sudah jadi
- Mengukus dengan api yang kecil atau kekecilan

Ya.. memang sih hal itu gak bisa dibuat ukuran jadi gaknya sebuah bakpao dengan resep membuat bakpao yang udah ditentukan, tapi setidaknya menjadi peajaran lebih setelah 2 kali agak gagal dengan bakpao bantat wakakak..

Oh ya.. ternyata, kemaren bakpaonya sampe dirumah mertua, mertua langsung minta resepnya, hah.. jadi berasa jadi pembuat bakpao betulan neh, padahal saya juga coba coba :p.

3 comments:

  1. Untung udah coba2, jd mertua sneng hihi

    ReplyDelete
  2. asik asik, kapankapan nyoba ah :D seneng dibagi2 resep yang sukses mwahaha

    ReplyDelete