Friday, March 18, 2016

Tahukah Kamu Penyebab Hipertensi Pada Remaja ?

Penyebab hipertensi – kehidupan yang serba cepat dan instan telah berpengaruh pada kesehatan banyak orang. Bahkan tidak hanya orang dewasa saja, anak – anak hingga remaja pun terkena dampak dari perubahan hidup yang serba cepat dan serba instan. Hal tersebut dapat membuat orang mennjadi mudah stres, memiliki tingkat kecemasan yang cukup tinggi hingga hingga tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal tersebut terjadi apabila tidak dapatnya seseorang untuk mengimbangi kehidupan dijaman sekarang ini.

Diusia remaja mereka akan memiliki rasa stress yang biasanya akibat dari pendidikan yang sedang dijalaninya. Akan tetapi selain hal tersebut ada beberapa penyebab hipertensi yang lainnya yang di alami oleh para remaja.


Kegemukkan atau obesitas

Kegemukkan yang terjadi diusia remaja saat ini cukup mengkhawatirkan. Pasalnya saat ini banyak remaja yang terjebak pada budaya konsumerisme. Perlunya untuk diketahui bahwa seseorang yanng memiliki tubuh gemuk memiliki resiko untuk terkenan penyakit hipertensi. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya bagi remaja harus tetap menjaga keidelan berat badannya dan yang berbadan gemuk harus menurunkan berat badannya agar terhindar dari penyakit hipertensi tersebut.

Pola tidur buruk

Tidur terlalu larut malam dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh remaja. Hal tersebut dikarenakan bahwa pola tidur yang buruk merupakan salah satu dari penyebab hipertensi. Oleh karena itu sebagai remaja anda harus menjaga pola tidur anda yaitu setidaknya selama 8 jam per hari.

Diet tidak sehat

Diet tidak sehat dapat menambah berat badan dan juga dapat menjadi penyebab terjadinya hipertensi diusia remaja. Para remaja sangat suka dengan makanan junk food atau cepat saji yang tinggi garam. Makan makanan tersebut dapat menimbulkan kolesterol yang mengakibatkan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu para remaja harus menghindari makanan tersebut agar tidak terkena penyakit hipertensi.

Stress

Terkadang remaja dipengaruhi oleh berbagai masalah sosial maupun keluarga. Remaja lebih sensitif dan rentan secara emosional. Ketidakmampuan untuk mengatasi permasalahan mengakibatkan perasaan stress yang lebih lanjut hingga menjadikan tekanan darahnya menjadi tinggi.

No comments:

Post a Comment