Wednesday, May 18, 2016

4 Kiat Mudah Mengatasi Alergi pada Anak

Serangan alergi yang datang tiba-tiba memang membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Bila hal ini terjadi pada anak Anda, tentu saja aktivitasnya akan terganggu. Oleh sebab itu, Anda patut memperhatikan kondisi kesehatan anak untuk meminimalkan risiko alergi yang bisa dialaminya.

Sebenarnya menjauhkan anak-anak dari risiko alergi tidak sulit. Anda dapat melakukan 4 kiat mudah ini supaya gejala alergi pada bayi tidak kambuh kembali :

Kenali Dulu Penyebab Alerginya

Penyebab alergi (biasa disebut alergen) sangat bervariasi. Mulai dari jenis makanan yang mengandung protein tertentu, zat protein pada bulu hewan peliharaan, debu, serbuk sari dari tumbuhan, dan beberapa jenis alergen lain. Bila Anda sudah berkonsultasi dengan dokter mengenai alergi yang diidap anak, maka alergen pun bisa diidentifikasi dengan jelas.

Sehingga nantinya Anda lebih mudah mendampingi aktivitas anak. Anda bisa menjauhkan alergen berupa makanan atau benda asing lainnya agar tidak menyebabkan kambuhnya alergi anak.

Ajarkan Anak untuk Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan sangat penting bagi semua orang, terutama bagi orang-orang yang sensitif terhadap alergen berupa debu, bulu hewan, dan serbuk sari. Aktivitas bersih-bersih seperti mandi secara teratur, mengganti pakaian dan seprai secara teratur rupanya ampuh menjauhkan alergen dari buah hati Anda. Bila baru saja mengalami alergi akibat benda asing, membersihkan tubuh juga menjadi cara terbaik untuk meringankan gejala alergi.

Menggunakan Air Hangat untuk Mengatasi Ruam Kulit

Salah satu gejala umum yang ditimbulkan oleh alergi adalah ruam, bentol, dan rasa gatal pada permukaan kulit. Untuk mengatasi hal ini, basuhlah kulit dengan air hangat dan kain yang bersih untuk mengurangi rasa gatal dan ruam. Hal ini harus dilakukan agar anak Anda tidak menggaruk kulitnya dan meninggalkan noda bekas luka.

Pastikan Agar Si Kecil Beristirahat

Setelah mendapat penanganan alergi dan mengonsumsi. obat anti alergi, alangkah baiknya bila si kecil beristirahat. Selain mengembalikan energi yang hilang saat tubuh bereaksi terhadap alergen, tidur akan membuat gejala alergi menjadi lebih ringan. Ketika anak Anda bangun nanti, maka gejala alerginya akan jauh berkurang dan kondisi kesehatannya pun berangsur-angsur membaik.

Siapkah Anda mengatasi alergi pada anak dengan cara yang benar?

tak perlu panik dengan alergi yang menyerang buah hati Anda. Segeralah berkonsultasi dengan dokter, berikan susu soya untuk pengganti susu sapi, dan jauhkan alergen dari anak-anak.

1 comment:

  1. dicatet dulu, buat adek nanti kalau sudah lahir

    ReplyDelete