Saturday, May 28, 2016

Rumah Impian, Bukan Mimpi yang Instant


Bagi pasangan suami istri yang tengah membangun rumah tangga, memiliki rumah adalah salah satu impian yang harus diwujudkan. Tentu saja, ilihan tinggal bareng sama orang tua atau mertua bukan pilihan yang tebpat bukan? Sudah berumah tangga, ya.. setidaknya memiliki impian sendiri, memiliki rumah sendiri.

Tapi, ada juga sih pasangan muda seperti saya, yang memang belum memiliki cukup tabungan untuk membeli rumah. Pernah beberapa waktu lalu, suami mampir disebuah perumahan, namun ketika lihat harga dan bentuk rumah yang ditawarkan, kita mundur teratur, mahalll haha..

Selain itu, ada beberapa alasan juga yang membuat saya dan suami memutuskan untuk enggak ngambil KPR, ya.. karena kita gak mau kena jerat riba sih ehhee.. itu yang juga bahaya, dunia akhirat malah :p.

Solusi-solusinya, yang kami pikirkan sebenarnya ada banyak, diantaranya:

Ngontrak rumah sambil menabung

Sudah jamannya kan ngontrak rumah. Kalau kami mending mencari rumah untuk dikotrak terlebih dahulu sambil menabung untuk membeli rumah suatu hari nanti. Sambil membayangkan rumah seperti apa yang kita mau, yang luas, yang keren, yang mudsholanya gede terus.. ada tamannya luas.. Haha.. butuh perjuangan kalo itu mah, nabungnya kudu banyaaakkk..


Membeli Tanah 

Investasi tanah kayaknya gak bakalan bikin orang rugi ya, pasalnya semakin tahun harga tanah semakin mahal. Apalagi di kota besar, harga tanah kayak emas ratusan gram, bahkan ribuan gram.  Memiliki tanah juga masih menjadi impian kami, soalnya beberapa kali sudah ditawari sama ibu dan mertua untuk membangun rumah didekat mereka, kami menolak. Alasannya? Tentu saja selain tidak mau merepotkan, kami pengen punya rumah yang hasil dari kerja kita, dari keringat kita. Meski nanti ujung-ujungnya juga bakal masih ngrepotin orang tua juga sih :D.

 Perumahan Murah Bersubsidi

Sebenarnya, mencari perumahan murah bersubsidi juga perlu ya.. Selain kita bisa langsung bisa nempatin rumah tersebut, harga yang diberikan juga gak terlalu mahal. Tapi ingat, usahakan untuk tidak meminjam uang di bank atau membelinya melalui KPR ya... Bisalah kita menabung dulu, bersabar sambil nyari kontrakan. Siapa tau, ada perumahan murah bersubsidi lainnya yang bakal bikin kamu dan pasangan jatuh hati. Jadi biar tidak menyesal saja hehe. Semoga kita semua dijauhkan dari transaksi riba ya, mimpilah memiliki rumah yang indah dan bagus juga luas. Selagi kita gak merugikan orang lain ;).

No comments:

Post a Comment