Thursday, June 9, 2016

Fenomena Memakai Helm, Antara Polisi dan Keselamatan

 Pernah gak kamu pas nyuruh orang make helm tapi dijawabnya "Ah.. Gak ada Polisi aja" atau dijawab "Ngapain, enggak pergi jauh kok". Dua jawaban itu sering sekali saya dapatan pas meminta bapak atau adek saya memakai helm saat pergi. Berbeda dengan suami yang memang sadar akan pentingnya memakai helm. Pergi ke Alfamart yang jaraknya cuma sekitar 200 meter aja suami saya make helm. Kadang, saya ngerasa kebangetan haha..

Memang kalau dipikir sih, fenomena memakai helm ini yang masyarakat awam pikirkan hanyalah cuma biar gak ketangkep polisi atau gak menarik perhatian polisi gara-gara surat kendaraan atau SIM gak lengkap. Ironis memang, saya sendiri juga baru-baru ini sadar akan pentingnya memakai helm.


Bukan Karena Polisi Perhatian tapi..

Kalau saja mereka tau akan pentingnya memakai helm bukanlah karena polisi, sebab polisi juga sebenernya mementingkan keselamatan kita sendiri. Bukan kepentingan polisi sih kalo kita gak make helm. Gak ada yang terjadi juga sama polisi kan dijalan :D. Hanya saja, keselamatan berlalu lintaslah yang menjadi perhatian polisi itu, bukan kita.. jangan GR ya.. haha..

Kita kan gak tau, kapan kecelakaan akan terjadi, kecelekaan besar bisa diminimalisir kalau kita pake helm. Ya.. minimal, kalo kepala kepaksa ciuman sama aspal kan kepalanya aman, asalkan helmnya di "klik" ya..

Bukan karena pamer helm

Ada juga, mau pake helm tapi kudu helm yang bagus, helm yang bermerk dan helm mahal. Bagi saya, helm gak haus mahal kok, yang penting sih memenuhi standard aja seperti Helm Nhk, bisa di klik dan nyaman aja buat kita. Kadang kan orang mau pake helm asal keren aja :D, eh lupa klik juga, akhirnya.. kecelakaan bahaya juga :D.

Ya.. kesadaran akan sesuatu memang harus tumbuh dari dalam diri sendiri. Percuma saja orang lain mengingatkan sampai jelek, kalau kita gak sadar akan pentingnya memakai helm saat berkendara di jalan raya juga gak akan dipake helmnya. Terutama masyarakat di desa, ya memang bepergian gak perlu helm juga sih karena kebanyakan orang pergi cari rumput, ya lucu aja sih kalo dipikir cari rumput pake helm haha. Kalau saya sih, seringnya dimarahin mas makanya mulai sadar akan pentingnya memakai helm. Kata-katanya itu lo, yang selalu bilang "Adek mau selamat apa enggak" benar-benar membuat saya berpikir, bahwa memakai helm memang penting. Kalo kamu, disuruh make helm, jawabnya apaaa? :p

No comments:

Post a Comment