Friday, August 26, 2016

Anak 2 Tahun, Bisa Apa Aja?

Beberapa hari ini, mood nulis saya anjlok karena kebanyakan aktifitas offline dan tumpukan setrikaan yang yaaa.. lumayan bikin space di kamar penuh sesak :)). Padahal, banyak sekali tanggungan postingan yang harus saya tulis di jombloku. Dari Arisan Blogger, Paid review, Janji review teman, sampai postingan yang nunggak belum juga saya kerjakan. Memang, gak mudah menjadi penulis itu, padahal penulis tingkat buku diary seperti saya ini itungannya gampang sekali kalau mau nulis. Curhat gitu deh..

Belum lagi, ketambahan Kinza.. Anak saya yang berusia 2 tahun atau tepatnya 27 Bulan, maunyaa banyakkk sekali. Dan kalau ditanya, Kinza anak 2 tahun ini bisa apa sih dia? Banyak sekali yang sudah dia bisa, sampai-sampai saya agak kwalahan, ya.. lumayan dibuat kwalahan :D.


Menyanyi


Anak usia 2 tahun emang bisa nyanyi? Bisa banget. Kinza sudah menghapal beberapa lirik lagu yang sering dilihatnya di youtube atau yang sering saya nyanyikan. Lagu anak-anak di Youtube seperti Twinkle Twinkle Little Star, 5 Little Monkey Jumping on the Bed, The Wheels on the Bus, Old McDonal dia sudah hafal liriknya dan bisa nyanyinya meski dengan kata yang terpatah-patah. Sebenarnya saya gak begitu suka dia buka Youtube dengan lagu-lagu itu. Kadang saya pilihkan lagu Hijaiyah meskipun suka diganti karena grafiknya dia memang suka yang gambar mobil. Hijaiyah itupun dia sudah mulai menghafal.

Dan seringnya, saya dengarkan dia Sholawat saat mau tidur juga dia bisa mengikutinya. Selain itu, anak 2 tahun ini juga bisa menyanyi lagu-lagu Indonesia seperti Burung kakak Tua, Helli si Anjing kecil itu, kemudian Naik-naik kepuncak Gunung dan lagi Favoritnya Abang tukang bakso, odong-odong serta cicak-cicak di Di dinding. Lucu sih kadang denger dia nyanyi sendiri gitu. Malah kadang dia ngikutin saya nyanyi I Will Always Love You-nya Whitney Houston wakakakaka.

Berhitung


Kinza bisa berhitung dari 1 sampai sepuluh versi Indonesia dan Inggris hahaha. Meski kadang-kadang, angka six terlewat dan langsung menuju Seven. Oh ya.. dia menyebut kata seven dengan kata Ngeng-ngeng (*sebutan mobil bagi Kinza hahahah).


Bertanya Ini dan Itu


Ketika anak usia 2 tahun sudah mulai banyak bertanya ini dan itu seperti Kinza ini, kita sebagai orang tua harus super sabar dan jangan sekali kali dicuekin. Dengan bertanya ia akan menjadi banyak tau dan semakin menambah pengetahuannya tentang nama-nama benda yang ada disekitarnya. Jadiii... Para Mantan Jomblo yang udah jadi ibu, siap-siap aja menjawab pertanyaan yang sama sampai lebih dari 10 kali haha.


Mengenal Anggota Tubuhnya


Mata, Telinga, Hidung, Perut, Kepala, rambut, Pipi, kaki, tangan, jari, kuku, kumis, dagu, jenggot, dada sampai kemaluannya, Kinza sudah bisa mengenalinya. Selain itu, Kinza juga tau siapa saya dan Abinya. Ketika menunjuk ke saya, dia bilang "Um". Begitu dengan menunjuk bagian panca indra saya, Kinza bilang "Mata Um". Berlaku juga untuk Abinya.


Meminta Makan dan Minum


Kinza, bahkan bisa meminta makan kalau dirinya merasa lapar. Um.. Nca aem Aci (Umm, Kinza maem nasi). Lucu kan! Dia bahkan bisa minta makan dan bisa disuruh bersabar menunggu nasi yang kadang pagi buta dia udah minta makan. Oh ya.. Tentu saja dia bisa makan dan minum sendiri ya..

Lalu, Bagaimana Dengan Pipis dan Pup di Kamar Mandi?


Seharusnya, anak usia 2 tahun sudah mampu untuk pipis dan pup dikamar mandi. Tidak mengompol lagi. Namun, Kinza belum sepenuhnya saya latih untuk tidak buang air di popoknya. Anak adik ipar saya yang seusia Kinza, dia bahkan tidak mengompol sepanjang hari dan melakukannya layaknya orang dewasa, ke kamar mandi. Saya sangat iri melihat dia. Kesalahan saya memang belum melatih Kinza karena belum siap harus repot mengepel dan melihat najis disana sini. Sebenarnya.. Ini PR sih untuk saya, InsyaAllah awal bulan depan saya akan memulai Toilet training untuk anak saya Kinza, semoga gak bikin kesel  aja hahaha...

Cukup banyak sih sebenarnya hal-hal yang bisa dilakukan oleh anak usia 2 tahun. Mencoret-coret tembok, bisa dimintai tolong dan punya inisiatif ini dan itu juga sudah bisa ia lakukan. Intinya.. semuanya tergantung lingkungan dan bagaimana kita mengajari sang anak untuk lebih bisa melakukan hal-hal hebat lainnya. Jika belum bisa juga? Gak usah khawatir, setiap anak memili kehebatan mereka sendiri-sendiri. Asal tahu saja, Gigi Kinza belum semuanya tumbuh lhoooo dan saya gak khawatir sama sekali.

Bagaimana dengan Tumbuh Kembang balitamu, Moms?

4 comments:

  1. balita on process hahaha
    mohon doanya

    ReplyDelete
  2. Anak umur 2 tahun bisa juga lhoo naik motor mba.. tapi di bonceng sama orang tua nya, hhee :-)

    ReplyDelete
  3. Joget kalau denger musik dangdut. Itu anakku nuel..hehehe

    ReplyDelete
  4. Toilet training ini kudu telaten emang ya mba, saya melihat ponakan yang 2tahun diajarin begitu. Awal-awal yang ribet, sering bolaknbalik pipiiis hahahaha. Karna belum terbiasa kali ya unt pipis fuuuul hihihi :D

    Btw Kinza lucuuuu bgt sih mba, gemeees >.<

    ReplyDelete