Saturday, August 13, 2016

Memberi Kesempatan Untuk Mandiri

Aktifitas makan sendiri, cara duduk nyaman banget ^_^
Bisa dibilang, sebagai orang tua baru, saya adalah salah satu ibu yang lebih senang membiarkan anaknya berusaha melakukan pekerjaan apapun sendiri, semuanya yang dia bisa. Dan nampaknya, cara yang saya tanamkan kepada Kinza memang sepertinya berhasil. Dia selalu ingin berusaha melakukan apapun sendiri, termasuk hal-hal yang kadang membuat saya ingin berterian, seperti mandi, yang akhirnya jadi acara buang-buang air keluar tempat mandi atau ia berusaha mengguyur kepalanya sendiri yang berujung minum air kamar mandi.

Buang sampah di tempatnya


Dia bahkan sudah tau aktifitas ini, dan jika ia mulai buang sampah sembarangan, selalu kami ingatkan, dan ia kembali membuang sampah ditempatnya.

Meletakkan atau mengambil barang di  kulkas


Salah satu hobinya Kinza yang bikin geregetan adalah, buka tutup kulkas sampai jelek. Sejak pertama kali kita punya kulkas, Kinza antusias sekali memainkannya. Bahkan, kata Abinya yang nyuruh biarin karena mungkin masih penasaran, ternyata salah besar. Sudah sekian lama, Kinza masih hobi buka tutup kulkas. Dan dia selalu bisa dimintain tolong meletakkan sesuatu kedalam kulkas, seperti meletakkan kotak buah, gelas susunya atau barang-barang tertentu. Yang bikin pengen ngamuk, dia sering 'bikin' ceplok telur di kulkas :)).

Makan Sendiri


Mungkin, kegiatan ini sudah dilakukannya sejak dia masih umur satu tahun, sudah saya beri sendok sendiri, meski pertama-tama dia salah masukan sendok ke hidung :)). Dan sekarang,  kata-kata "Inja Iyi.. Inja Iyi.." yang artinya Kinza sendiri.. selalu dikatatakan saat aktifitas makan dimulai.

Selalu minta kunci, untuk membuka pintu


Kinza berusaha membuka pintu, Abi cuma nungguin :D
Setiap kita abis pergi, Kinza selalu aktif minta kunci rumah untuk dimasukkan kelubangnya, kemudian ia berusaha untuk memutar hingga kunci pintu berhasil dibuka. Namun, sampai sekarang nampaknya Kinza masih belum berhasil melakukannya haha.. Kami biarkan dia minta kunci, kemudian memasukkan kedalam lubangnya, sampai kadang-kadang capek nungguin gara-gara ngotot gak mau dibantu :D, setidaknya.. dia mau berusaha.

Pakai Baju Sendiri


Ya.. meskipun tangan masuk di lubang leher atau kedua kaki yang masuk di satu lubang celana, semuanya menggemaskan haha..


Intinya?


Ya.. intinya sih, sebagai orang tua kita harus ngasih kesempatan untuk anak kita berbuat mandiri, melakukan apa-apa yang sudah dia bisa sendiri. Dengan begitu, secara gak langsung kita mengajarkannya untuk tidak mudah minta tolong dengan apa-apa yang bisa dia lakukan sendiri dan jauh dari sifat manja.

2 comments:

  1. klo pakai baju sendiri Aisyah belum bisa, paling ya nyopot celana sendiri aja.

    Memang anak kecil itu sebenarnya kepengen bisa sendiri semua. Tapi karena kadang orang tuanya males lihat anaknya bikin kekacauan jadi apa-apa serba dilayani.

    ReplyDelete
  2. Hehe sama mbak, saya juga sering sebel pas anak saya mainin kulkas, tapi gak cuma di buka tutup aja, makanan ringan buat persediaan dia juga sering ngilang tiba2 :D
    Nice share ^-^

    ReplyDelete