Friday, September 9, 2016

7 Langkah Merenovasi Kamar Mandi

Karena terbatasnya biaya untuk membeli rumah, banyak masyarakat yang akhirnya harus berkompromi dan membeli rumah yang lebih sederhana dari yang diharapkan. Misalnya, banyak masyarakat yang akhirnya memilih rumah minimalis yang dapat tumbuh seiring waktu. Biasanya, nanti sang pemilik akan melakukan renovasi di rumah, setelah biaya terkumpul.

Salah satu ruangan yang biasanya menjadi sasaran renovasi adalah kamar mandi atau toilet. Jika tidak direncanakan dengan baik, salah-salah, merenovasi toilet dapat menguras biaya yang ada. Tidak hanya itu, renovasi pun, bisa tidak sesuai harapan. Berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan jika merenovasi kamar mandi.



Cari Referensi


Mencari referensi harus dilakukan sejak jauh hari. Jika perlu, dilakukan sejak 6 bulan sebelum melakukan renovasi. Carilah referensi di majalah-majalah arsitektur, majalah desain, dan Internet.

Cari Tukang yang Berpengalaman


Cobalah untuk mulai mencari pekerja bangunan yang biasa merenovasi kamar mandi. Carilah yang dapat Anda percaya, yang berpengalaman, dan memiliki pekerjaan yang baik. Tanyakan rekan atau kerabat untuk mencarinya.

Gambar Desain


Gambarlah desain kamar mandi yang diinginkan setelah Anda mendapatkan referensi dari berbagai media. Maksimalkan seluruh komponen yang ada dan juga optimalkan dan sesuaikan dengan sistem saluran air di rumah Anda.


Pilih Material yang Cocok


Pilihlah material yang pas untuk kamar mandi Anda. Anda dapat memilih mulai dari keramik, bahan bangunan lain pintu kaca, ataupun material lainnya. Pastikan bahan-bahan tersebut juga cocok dengan budget yang Anda sediakan.

Jika ternyata tidak sesuai, Anda bisa membeli material yang sedikit lebih murah. Kini sudah banyak material yang menyerupai material mahal. Misalnya saja keramik yang menyerupai corak marmer. Hanya saja, kedua material tersebut pasti beda kualitasnya.

Pastikan Material Ada


Jika Anda membeli material yang umumnya tersedia di pasaran dalam jumlah banyak, tentu Anda akan dapat langsung membeli dan membawa pulang material tersebut. Namun jika Anda membeli material yang khusus dan memesannya, akan dibutuhkan waktu yang lebih banyak. Misalnya harus menunggu hingga 12 minggu sebelum barangnya tiba.
Maka dari itu perhitungkan material yang ada sebelum Anda membongkar kamar mandi lama Anda.

Pilih Aksesori yang Cocok.


Pilihlah aksesori kamar mandi yang cocok dengan warna keramik atau dinding Anda. Atau samakan dengan desain yang Anda dapatkan dari referensi.

Jalin Komunikasi


Jalinlah komunikasi yang baik antara Anda dengan tukang. Pekerja yang baik tentunya akan bertanya tentang pembangunan jika menemui kendala dan tidak akan mengambil keputusan sendiri. Komunikasikan apa yang kurang dari pekerjaan yang sedang berlangsung, sehingga Anda mendapatkan kamar mandi yang sesuai dengan keinginan.

No comments:

Post a Comment