Friday, September 16, 2016

Design, Gak Pernah Puas

Menjadi istri dari seorang sarjana komputer yang juga kebetulan bisa design, sebenarnya saya berharap banyak bahkan sangat berharap buanyak sekali kalau sewaktu-waktu saya membutuhkan design atau logo atau semacamnya si doi mau buatin dengan penuh kasih sayang. Tapi apa, perkiraan saya salah besar. Sejak menikah saya sudah banyak minta di buatin ini dan itu, tapi nyatanya saya cuma dapet "iya" aja, dan "nanti" hahaha.



Saya sendiri mau belajar bagaimana cara mengaplikasikan photo editor dengan baik dan mampu membuat sesuatu yang keren. Namun, nampaknya saya masih menaruh harapan kepada bapak negara untuk melayani keinginan saya, jadinya niat belajarpun memudar. Tapi.. akhir-akhir ini, saya menyadari sesuatu, ternyata membuat design sederhana itu sangat mudah. Ya.. intinya saya sudah mulai putus asa meminta si Mas buatin header atau apalah gitu sesuai keinginan saya. Pasalnya, selera saya dan doi berbeda. Design saya selalu dibully "norak" :)). Ya... kesempatan saya untuk gantian protes karena dia gak mau buatin :p.

Mulai bisa mengoperasikan Inkscape


Jadilah saya, yang mulai doyan otak-atik blog ini membuat sesuatu dengan aplikasi gratisan ini. Selain gratis, sengaja suami saya meng-install-kan Inkscape di ubuntu yang saya pakai. Awalnya saya rada pesimis, gak bisa :D.

'Gituuu... kalo disuruh buatin gak mau, mesti aku disuruh bikin sendiri, aku looo gak bisa"

Begitu kira-kira protes saya selalu.

"Ayooo.. dicoba dulu, tak ajarin"

Aihh.. rayuan maut haha.. sebenarnya sejak dulu saya sudah diajarin, entah kenapa kok gak ada yang masuk satupun. Bahkan untuk memotong gambar saja saya gak bisa hahaha. Dan sekarang sejak beberapa hari yang lalu, saya mulai bisa menggabungkan image dengan text, memberi warna dan membuat header blog sendiri.

Design, Gak pernah puas


Saya bahkan lupa kalau belum update blog atau nulis artikel saat design.

"Ganti header lagi? Katanya mau bertahan sampe setahun, baru juga sehari"

Begitu protesnya hahahaha..

"Ah.. disuruh buatin aja gak mau gitu, aku bikin sendiri juga di protes"

"Diam.. "
"Hening.."
"Pergi.."

Akhirnya gak jadi pake komputernya karena tak pinjem, mungkin karena komputernya saya pinjem itu dia jadi protes :)). Katanya lagi,

"Dek, Design itu gak pernah ada puasnya, pasti tiap hari kurang bagus, kurang bagusan lagi, dan lagi"

Hadeuhhh.. baru juga mulai suka otak atik udah mau dipatahin aja semangatnya, tapi untungnya saya tetep bandel buka Inkscape dan memang benar, sekali bisa pengen terus lebih bisa lagi. Dan ini beberapa header blog saya sendiri dan hasil karya saya yang lain ;).





Untuk gambar yang keren-keren itu, saya dapatkan dari download free di salah satu situs milik Angie Makes. Watercolor buatan dia memang mantab banget, warnanya soft soft..

Untuk Font, saya download di dafont, saya bahkan awalnya gak ngerti caranya Install font di komputer, duh katrok banget lah wkwkkww. Pokoknya, kalau kita mau belajar, setidaknya kita mencoba untuk menjadi bintang, walau hanya untuk diri sendiri :). Yuk Design!

15 comments:

  1. mau dong mba belajar desain aku belum bisa..

    ReplyDelete
  2. Waduh... Padahal udah jadi istri seorang designer, tapi ternyata gak bisa bantu juga, ya mbak. :D Malah disuruh buat sendiri (meskipun diajarinkan tetep aja suka bingung). Tapi, untuk seorang cewek sih, akunya suka salut kalo mau belajar design gini.

    Apalagi mbak. Wah.. POkoknya salut banget buat karyanya itu. Bener banget mbak, kalo pengen bisa sesuatu, semuanya harus belajar.

    Dulu lho, akunya nyalain komputer aja gak bisa. :D Malu banget. Tapi, alhamdulillah, sekarang terus belajar design. COba deh, mbak mampir di blogku, siapa tau ada saran design karyaku. :)

    Btw, salam kenal. Aku follow ya, blognya mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhh bukan seorang Designer, saya bilang yang kebetulan bisa design, beda loo hahahha..

      memang selera cowok sama cewek beda, salam kenal Tulisan Wortel :D

      Delete
  3. kok samaa banget mbak. suami sarjana komputer, aku naruh harapan besar ke dia, tp ya gituu, jawabannya sama kayak suami mbak inul. haha
    mau belajar juga aaahhh

    ReplyDelete
  4. lucu kok nuel aku senenggg :D

    ReplyDelete
  5. Mbak, blognya banyak sekali? Salam kenal ya Mbak. :)

    ReplyDelete
  6. Duielhhh... camntiknya desain headernya mbak.. hhee
    TFS buat referensi nya yah mbak ^^
    salam kenal..

    ReplyDelete
  7. desainnya simple tapi keren banget mbak ^^ semangat desain!

    ReplyDelete
  8. Inkscape ya mbak....okkeh...noted

    ReplyDelete
  9. Aku terbiasa pakai Inkscape, lumayan powerful meski gratisan.
    Aku malah kebalik, kadang ditawarin mau bikin logo aku yang gak mau. Aku kekeh pengen bisa sendiri, haha. Tapi kalau udah hasilnya gak sesuai nyerah juga minta dibikinin :D

    ReplyDelete
  10. Hai mbak Inuel yg lagi dibahas dimana-mana :D
    saya sepakat mba, design gak puas2. Saya juga masih butuh banyak belajar (makanya mampir kesini gak di depan sana :D )

    ReplyDelete
  11. Lain halnya sama saya mbak... saya punya temen design kalo minta buatin design agak suasah... alhasil karena sudah menunggu terlalu lama dan design juga gak pernah jadi... akhirnya aku beranikan diri buat belajar design secara otodidak deh...

    melihat dari gambar2 diatas cukup menginspirasi saya mbak buat combinasi warna yang soft dan terlihat menarik...

    ReplyDelete
  12. Oic, pake inkscape ya mba. Cakep-cakep hasil designnya.
    Trims yaaa ^^

    ReplyDelete