Monday, October 17, 2016

Apa Peluang Investasi yang Menjanjikan di Indonesia?

Beberapa hari yang lalu saya sempat bertanya kepada suami, "Apa sih yang dimaksud dengan investasi?" Karena saya sendiri benar-benar nggak ngeh dengan urusan yang satu ini. Maklum pendidikan saya juga nggak tinggi-tinggi amat. Selain itu, saya juga sama sekali nggak pernah berkonsentrasi untuk mempelajari soal “investasi” terutama investasi Indonesia.

Walaupun saya sebenernya sering membaca dan mendengar kata "investasi," tapi entah kenapa saya benar-benar tidak tertarik untuk mendalaminya. Mungkin karena di benak saya, kata investasi itu hanya untuk orang-orang bisnis kelas atas atau orang-orang kaya.



Dari pertanyaan saya tersebut, suami mencoba menjelaskan apa itu investasi yang berhubungan dengan "menanam uang" dan "modal." Yang akhirnya membuat saya bisa sedikit mengerti. Dari situ saya mulai sedikit lebih penasaran sebenarnya di mana saja sih kita bisa berinvestasi atau, di bidang apa saja investasi yang paling menjanjikan, terutama di Indonesia?

Dari hasil baca-baca saya menemukan kalo peluang investasi di Indonesia cukup menjanjikan. Bahkan, kita-kita yang masih tergolong kelas ekonomi menengah kebawah tetap bisa berinvestasi.

Diantara beberapa peluang investasi di Indonesia yang menjanjikan menurut apa yang saya baca diantaranya adalah:
  • Berinvestasi dengan benda-benda mulia seperti emas.
  • Berinvestasi di bidang pertanian karena saat ini semakin sedikit buruh tani, sehingga banyak petani yang membutuhkan peralatan-peralatan canggih dan modern untuk mengurus sawah ladang dan bercocok tanam sehingga mereka bisa bekerja tanpa bantuan buruh tani.
  • Berinvestasi di bidang properti juga cukup menjanjikan. Mengingat pertumbuhan masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun cukup pesat dan tidak diimbangi dengan jumlah hunian (property) yang dibangun. Namun yang satu ini tampaknya membutuhkan modal yang cukup besar.
  • Investasi online. Investasi di bidang online bentuknya bermacam-macam bahkan ada yang menawarkan investasi dengan menggunakan perusahaan finansial teknologi, investasi di bidang online shop, investasi iklan, dan lain-lain.
 Namun tentu saja selain beberapa jenis investasi yang saya sebutkan di atas, ada banyak jenis investasi lainnya yang juga bisa menjadi peluang usaha untuk mendatangkan uang di negara ini.

Saya juga akhirnya menyadari bahwa tidak hanya berinvestasi dalam bentuk modal yang bisa dan harus kita lakukan, melainkan berinvestasi untuk pada otak juga tidak kalah penting. Misalnya, dengan mengikuti kursus, mengikuti seminar-seminar, atau dengan kuliah, menjaga kesehatan, makan-makanan sehat, dll. Yang pasti maksud dan tujuannya adalah untuk membuat kita pintar dan untuk mencerdaskan otak. Menambah pengetahuan merupakan investasi yang tidak kalah penting dibandingkan dengan investasi-investasi penanaman modal berbentuk “uang”.

Karena semakin banyak ilmu yang kita miliki, akan semakin mudah ide dan kreatifitas didapatkan. Walaupun tidak selalu sejalan, namun hal tersebut akan membuat peluang sukses menjadi lebih terbuka dan besar.

Mungkin selama ini saya juga sudah mempraktekkan untuk berinvestasi bagi masa depan, dengan ternak blog dan berusaha untuk merawatnya satu persatu walaupun terasa sangat berat mengingat saya tidak melibatkan content writer yang saya bayar untuk saya beli artikelnya, melainkan selama ini saya masih mengandalkan tenaga sendiri dan kadang-kadang dibantu oleh suami.

Keterbatasan waktu dan kemampuan menulis saya rasa menjadi penghalang bagi saya untuk sukses berbisnis blog. Mungkin suatu saat nanti saya harus meninggalkan kebiasaan ini dengan berinvestasi (membayar content writer) agar saya bisa berkonsentrasi lebih baik dan meluangkan waktu lebih banyak, sehingga “waktu” untuk melakukan hal-hal yang jauh lebih penting dan yang bisa membuka peluang sukses bisa saya dapatkan.

No comments:

Post a Comment