Thursday, October 27, 2016

Pemuda, Yuk Inspirasi Dunia Dengan Cara Sederhana Ini

Belakangan, anak-anak muda sekarang mulai beralih dari kebiasaan lamanya. Kebiasaan yang itu-itu saja kini merubah menjadi mereka pemuda yang bisa menulis apa saja dan berbagi apa saja di dunia mereka melaui dunia maya atau internet. Media-media sosial sudah beralih fungsi dari kesenangan menjadi kebutuhan mereka sehari-haari. Bahkan, kalau gak pegang hape buat meski hanya update status, rasanya ada yang kurang hari ini, begitu juga dengan saya.

Tapi sayangnya, masih banyak anak-anak muda yang kurang bisa memanfaatkan dunia internet menjadi sebuah jembatan untuk menginspirasi kaumnya. Baik dengan cara melakukan hal-hal positif kemudian membagikannya melalui media yang ia miliki. Mereka cenderung mengalih fungsikan media sosial hanya untuk curhat atau berbagi perasaan, terutama  cewek-cewek yang lagi labil ini, susah sekali move on.

Padahal, ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan kita sebagai anak muda yang kadang menjadi panutan orang lain. Dan beberapa hal ini adalah bentuk-bentuk kegiatan yang bisa kita lakukan untuk jadi pemuda yang berguna dan bisa menjadi inspirasi orang lain.



Mulai meninggalkan hal yang tak penting


Ingat, dunia berubah karena keikut campuran kita para pemuda. Anak muda cenderung memiliki pemikiran segar yang bisa diandalkan. Hal-hal yang tak penting yang biasa kita lakukan diinternet, bisalahh.. kita ganti dengan kegiatan positif. Kalau masih bingung dengan cara apa sih kita bisa merubah kebiasaan berinternet dengan yang lebih bermanfaat. Ada banyak banget kok hal yang bisa kamu lakukan.

Membagikan cerita ispirasi


Ada banyak sekali kejadian yang ada disekitar kita yang mungkin bisa mengispirasi orang lain dalam melakukan kebaikan. Contohnya, kita bisa merekam hal-hal unik yang kita temui disekitar kita. Misalnya, seorang kakek yang berjualan dengan gigih, kita bisa membuat pemuda lain mengambil pelajaran dari video atau foto yang kita bagikan, bahwa.. untuk hidup, kita harus berjuang tanpa bermalas-malasan atau penadahkan tangan kepada orang lain. Semangat-semangat seperti itulah yang akan membuat orang lain tersentuh. Sudah mulai punya ide?

Jangan ragu untuk ikut komunitas


Ya! Mereka mebutuhkan pemuda yang memiliki banyak ide untuk mengispirasi orang lain. Kalau kamu sulit menemukan komunitas yang ada disekitarmu karena beberapa alasan. Jangan khawatir, sekarang banyak sekali situs-situs yang mendukung kegiatan anak muda dalam menuangkan hasil karyanya. Salah satunya adalah Opini.id Situsnya Anak Muda yang Punya Kepedulian terhadap hasil karya anak muda demi mengispirasi orang lain agar menjadi lebih baik.

Gali Potensi diri



Mungkin kamu adalah salah satu pemuda yang merasa gak punya kelebihan untuk berbagi. Saatnya menggali kemampuan dan kelebihan yang kita miliki. Semua orang memiliki kelebihan atau bakat special. Seperti saya, sebenarnya yang hanya lulusan dari sekolah SMP ini, saya bisa mengembangkan kelebihan yang saya miliki tanpa rasa malu. Dengan menulis di beberapa tempat termasuk blog ini, saya ingin menginspirasi orang lain dalam banyak hal. Dari memperbaiki diri sampai melakukan hal-hal yang positif. Seperti itulah kira-kira contohnya. Semoga kita bisa menjadi pemuda yang bermanfaat dengan memanfaatkan kemajuan jaman yang ada, selamat berkarya pemuda! Prestasi bisa kita dapatkan bukan hanya dengan kemampuan, tapi kemauanlah yang membuatnya menjadi nyata!

3 comments:

  1. Sama-sama menulis, tapi mau yang menghasilkan manfaat atau mudharat, gitu ya Mba? :)

    ReplyDelete
  2. jarang banget bagi2 cerita yang mutu, curcol mulu, kadang sampah juga, hihi. *merasa miris* :D

    ReplyDelete