Tuesday, November 15, 2016

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Biasa Saya Lakukan

Mulut adalah pintu gerbang tubuh kita dan banyak orang sampai bingung bagaimana cara mengatasi bau mulut yang tepat untuk dirinya. Melalui mulut berbagai jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari masuk dan kemudian dicerna oleh tubuh untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi, sumber vitamin maupun sumber mineral dan lain-lain. Saya sendiri sangat konsen dalam menjaga kesehatan mulut tidak hanya diri saya akan tetapi kesehatan mulut keluarga seperti suami dan anak.

Secara rutin Kinza selalu saya bersihkan giginya setiap malam sebelum tidur kebiasaan baik ini ingin selalu saya tanamkan agar anak saya memiliki kesehatan mulut yang baik terutama gigi yang bersih dan terawat.



Walaupun hingga saat ini sebenarnya saya dan keluarga belum bisa pergi ke dokter gigi secara rutin untuk memeriksakan kesehatan mulut dan Gigi, Namun kami berusaha untuk selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan berbagai cara.

Menjaga kesehatan mulut sangat penting. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi bau mulut. Cara mengatasi bau mulut Kalau menurut saya sih sebenarnya tidak terlalu sulit karena ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat mulut memiliki aroma yang lebih segar.

Di antara beberapa cara sederhana yang menurut saya cukup ampuh cara mengatasi bau mulut diantaranya adalah:

Sikat gigi setelah makan dan jangan lupa sikat juga lidah


Menyikat gigi setelah makan adalah cara yang paling dianjurkan untuk menjaga kesehatan mulut dan Gigi. Dan jika tidak ingin bau mulut mengganggu, sebaiknya singkirkan sisa-sisa makanan terutama setelah anda makan daging. Karena yang paling membuat mulut berbau busuk adalah sisa-sisa daging yang kadang-kadang terselip di antara gigi.

Selain menyikat gigi hingga ke rongga-rongga paling dalam, saya pribadi dan keluarga selalu menyempatkan diri untuk menyikat permukaan lidah sebelum mengakhiri kegiatan gosok gigi. Karena biasanya apabila lagi lidah tidak digosok atau disikat, hal tersebut tetap akan membuat bau mulut tercium tidak sedap.

Saat ini, berbagai sikat gigi biasanya sudah dilengkapi dengan alat penggosok lidah di bagian belakangnya. Bisa berupa.-titik kecil atau bentuk-bentuk khusus. Namun saya sendiri sebenarnya hampir tidak pernah menggunakan bagian belakang dari sikat gigi yang memang dirancang untuk membersihkan lidah melainkan langsung menggunakan bulu bulu sikat gigi yang lembut.

Makan makanan sehat


Saya dan keluarga percaya bahwa makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan adalah makanan-makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan tidak terkecuali kesehatan mulut untuk mencegah agar mulut tidak berbau. Sebaliknya, makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak, berbagai jenis goreng-gorengan, atau makanan makanan yang banyak mengandung kalori dan karbohidrat namun rendah gizi akan membuat kesehatan tubuh maupun mulut tidak terjaga dengan baik.

Hindari mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat


Tidak seperti suami, saya adalah penyuka pete. Pete mentah atau yang di oseng-oseng kedua-duanya bisa menggugah selera makan saya. Tapi enaknya pete sebanding dengan baunya yang wow!!

Setelah makan pete, biasanya suami pasti protes kalau saya tidak segera membersihkan mulut. Saya sendiri sebenarnya punya berapa andalan untuk menghilangkan bau mulut setelah makan pete diantaranya adalah, sikat gigi dengan menggunakan pasta gigi dan kemudian bisa juga menggunakan kopi . Kopi cukup ampuh untuk menghilangkan bau mulut karena makan pete.

Rajin-rajin ngomong


Di keluarga rasanya saya adalah yang paling cerewet. Tapi sebenarnya tahu nggak sih kalau semakin sering kita berbicara, maka bau mulut bisa berkurang. Karena, mulut yang kering seperti mulut orang yang berpuasa misalnya, yang jarang berbicara dan jarang dibuka, pasti lebih berbau dibandingkan dengan orang yang lebih rajin berbicara atau cerewet dan lebih sering membasahi mulutnya dengan air liur.

Tips cara mengatasi bau mulut yang satu ini mungkin sedikit aneh di telingamu tapi, cukup ampuh untuk mengurangi bau mulut terutama apabila sedang berpuasa. Gak percaya? Coba deh!

2 comments:

  1. kudu rajin sikat gigi biar gasakit gigi yaa kinzaa
    sakit gigi juga bikin napas bau :D

    ReplyDelete
  2. hindari makanan yang menyengat..
    ini yg susah, makanan enak n unik kadang menyengat, aduh dilema nih..

    ReplyDelete