Tuesday, November 22, 2016

Harbolnas 2016, Mewujudkan E-commerce yang Lebih Baik!

Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional adalah hari untuk merayakan belanja online di Indonesia. Tentu saja, sebagai hari belanja, maka perayaan pun dilakukan dengan partisipasi dari para pelaku e-commerce di Indonesia, yang memberikan diskon besar-besaran selama 24 jam penuh untuk item-item yang mereka jual. Setiap e-commerce yang berminat bisa mendaftar langsung di websitenya, dengan pendaftaran untuk Harbolnas 2016 berakhir pada tanggal 23 Oktober 2016.



Harbolnas sendiri diadakan setiap tanggal 12 Desember, dan sejauh ini sudah dilaksanakan sebanyak 4 kali, dimulai pada tahun 2012. Tujuannya sebenarnya simpel tapi kompleks, yaitu memperkenalkan sistem belanja online lebih luas lagi pada masyarakat Indonesia, dan juga memajukan industri e-commerce lokal di negara ini. Lantaran banyak pelaku e-commerce ini yang juga berupa UKM (Usaha Kecil dan Menengah), maka kemajuan di bidang pasar ini akan sangat membantu perekonomian.

Saat diadakan pertama kali pada tahun 2012, hanya 7 buah e-commerce yang mengikutinya, yang merupakan beberapa situs e-commerce terbesar di saat itu. Tapi tiap tahun pesertanya bertambah, dengan perayaan Harbolnas di tahun 2013 diikuti 22 situs e-commerce. Jumlah peserta mengalami lonjakan signifikan di tahun 2014, dengan jumlah peserta menjadi 78 e-commerce. Di tahun 2015, jumlah peserta meningkat nyaris 2 kali lipat dengan jumlah mencapai lebih dari 140 e-commerce. Diprediksi bahwa di tahun 2016 ini akan semakin banyak lagi pelaku e-commerce yang ikut.

Di Harbolnas 2016 sendiri, tema yang diusung kali ini adalah “Indonesia Online”. Dengan tema ini, maka diharapkan Harbolnas pada tahun 2016 ini akan bisa mewujudkan hal-hal berikut:

Membuat kualitas ekosistem dari situs-situs e-commerce meningkat sehingga konsumen bisa berbelanja online dengan nyaman.
Menumbuhkan lebih banyak pelaku UKM yang menjadi penjual dalam bisnis e-commerce. Dengan semakin banyaknya pelaku UKM, baik untuk penjual ataupun penyedia barang, diharapkan akan ada kerja sama/kemitraan.
Meningkatkan kualitas dari metode pembayaran sehingga memudahkan pembeli untuk membayar dan juga tetap merasa aman.
Meningkatkan kerja sama untuk ekosistem e-commerce, dimulai dari bidang telekomunikasi, perbankan, logistik, dan juga media.

Bagi Anda yang hobi belanja, menantikan saat Harbolnas untuk berbelanja barang-barang idaman Anda adalah hal yang tepat. Ini saatnya untuk melakukan pembelian, mumpung ada banyak sekali tawaran promo sangat menarik yang ditawarkan. Beberapa promo tersebut misalnya saja:


  • Banyak sekali peritel e-commerce besar yang memberikan diskon untuk barang-barang yang dijualnya dengan jumlah tak tanggung-tanggung. Ada yang memberikan diskon 72%, diskon 80%.
  • Bagi pengguna operator telekomunikasi tertentu, akan ada tambahan promo sampai dengan 12%, yang akan ditambahkan ke promo diskon di atas. Anda jadi bisa menikmati diskon sampai 90%!
  • Promo untuk cash back yang bisa mencapai 50%.
  • Banyak situs e-commerce memberikan diskon khusus untuk berbagai brand besar yang dijualnya, dengan diskon sampai 70%. Beberapa memberlakukannya untuk semua produk yang dijualnya.
  • Situs-situs travel memberikan potongan harga bagi Anda yang ingin reservasi hotel dan tiket pesawat.
  • Voucher-voucher belanja untuk setiap pembelian dalam jumlah tertentu juga banyak diedarkan.


Masih sebulan lagi Harbolnas bukalapak 2016  akan diadakan. Mulailah Anda bersiap dari sekarang sehingga Anda tak melewatkan kesempatan membeli barang-barang yang Anda inginkan dengan diskon besar. Jangan lupa untuk mengecek situs-situs e-commerce favorit Anda. Siapa tahu, mereka juga mengikuti Harbolnas ini dan memberikan promo voucher maupun diskon besar-besaran yang bisa Anda manfaatkan.

1 comment: